Jokowi Mau Pemda Perbanyak Test Covid-19 Hingga RT-RW

Kesehatan  MINGGU, 19 APRIL 2020 | 02:05 WIB | RMOL

Jokowi Mau Pemda Perbanyak Test Covid-19 Hingga RT-RW

MoeslimChoice | Semua Pemerintah Daerah (Pemda) di seluruh Indonesia diharapkan untuk menyediakan fasilitas bagi masyarakat agar dilakukan test Covid-19 secara masif.Kemudian, Pemda juga diminta proaktif untuk melacak warganya yang teridentifikasi Covid-19.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam postingan akun Instagram pribadinya beberapa saat lalu, Sabtu, 18/4/20. "Perlu saya sampaikan kepada Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pengujian sampel secara masif dan melakukan pelacakan yang agresif serta diikuti isolasi yang ketat," tegas Jokowi.

Kepala negara mengurai, salah satu upaya untuk melangsungkan pengetesan massif Covid-19 kepada masyarakat yakni dengan memaksimalkan perangkat daerah hingga ke akar rumput RT dan RW.

"Segera dan terus siagakan satuan gugus tugas di tingkat Kecamatan, Kelurahan, RW dan RT, sesuai dengan kewenangannya," ujar Jokowi.

"Jika ada warganya yang bergejala terinfeksi virus Corona dan juga bila ada yang membutuhkan uluran tangan harus segera dibantu," imbuhnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa semua pihak harus saling bekerjasama dan bergotong-royong untuk mengatasi wabah Covid-19 di Tanah Air ini.

"Ini semua bertujuan agar penanganannya terpadu dan terkoordinasi dan tidak ada yang terabaikan," tandasnya.



Komentar Pembaca