Palembang Bergotong Royong Hadapi Wabah Covid-19

Daerah  RABU, 15 APRIL 2020 | 23:01 WIB | RMOL Group

Palembang Bergotong Royong Hadapi Wabah Covid-19

MoeslimChoice | Pemerintah Kota Palembang masih terus mengupayakan gerakan gotong royong dan membantu sesama untuk memaksimalkan penanganan antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Hal itu dapat dilihat dari bantuan yang mengalir berupa sembako serta alat pelindung diri dari beberapa kelompok masyarakat dan pihak-pihak swasta ke Posko Tanggap Covid-19 yang berada di kediaman Dinas Walikota Palembang.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengemukakan, sampai dengan hari ini, sudah ada beberapa kelompok masyarakat dan pihak swasta menyampaikan sumbangan untuk di distribusikan ke masyarakat serta tenaga medis yang ada di Kota Palembang. “Hari ini ada dari Pempek Beringin, Partai Demokrat dan keluarga Gajah Nata. Ini akan segera kita distribusikan untuk masyarakat agar tetap berada dirumah,” ujar Harnojoyo, dilansir dari Kantor Berita RMOLSumsel, Rabu, 15/4/20.

Upaya gotong royong untuk membantu sesama di tengah kondisi pandemik Covid-19 ini masih menjadi upaya yang dilakukan tim gugus tugas, dalam penanganan penyebaran virus corona ini. Salah satunya menyerukan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah dan tim gugus tugas akan memberikan bantuan berupa sembako dari Pemkot Palembang maupun bantuan kelompok masyarakat termasuk pihak swasta.

“Ada 38.000 warga yang terdata perlu mendapat bantuan. Alhamdulillah semua pihak bergotong royong termasuk dari Polrestabes Palembang yang mengatakan sudah menyiapkan 100 ton beras yang siap di distribusikan,” ujar Harnojoyo.

Ia memastikan mulai dari hari ini sampai wabah selesai, akan terus menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat terutama yang terdampak langsung, agar social distancing dan physical distancing untuk mencegah penularan Covid-19 dapat lebih maksimal. “Kita belum mengajukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti yang dilakukan DKI Jakarta dan beberapa kota lainnya. Karena untuk mengajukan itu ada kriterianya. Mudah-mudahan tidak sampai seperti itu,” harapnya.

Nantinya, penyaluran bantuan ini, akan dilakukan gugus tugas. Untuk teknisnya tentu melibatkan gugus tugas di tingkat kecamatan. Berapa data yang ada di per kecamatan itu yang akan diberikan.

“Beberapa stimulus juga telah kita berikan. Kita berharap Corona ini segera berakhir,” tandas Harnojoyo.


Komentar Pembaca