Angka Kematian di Spanyol Akibat Covid-19 Sentuh Angka 16 Ribu

Internasional  SABTU, 11 APRIL 2020 | 21:55 WIB

Angka Kematian di Spanyol Akibat Covid-19 Sentuh Angka 16 Ribu

foto/net

Moeslimchoice.  Angka kematian akibat virus corona di Spanyol telah melampaui angka 16 ribu, namun angka kematian 510 orang merupakan angka terendah selama 19 hari belakangan ini,  karena jutaan orang disarankan untuk memakai masker di transportasi umum mulai Senin lalu (6/4).

Jutaan warga Spanyol akan diberikan masker wajah khusus dalam beberapa hari ke depan, sebelum mereka melakukan perjalanan dengan angkutan umum, pemerintah Spanyol mengumumkan hari ini, Sabtu (11/4), hari yang sama jumlah korban meninggal di negara itu melampaui angka 16 ribu.

Meskipun secara total masih menjadi krisis yang buruk, namun jumlah 510 angka yang meninggal dalam waktu 24 jam selama 19 hari terakhir cukup melegakan. Pasalnya, biasanya angka kematian menyentuh angka 700 an lebih. 

Dalam langkah lain untuk mencegah terus meluasnya penyebaran Covid-19, pemakaian masker akan didistribusikan di stasiun-stasiun kereta dan metro, serta di terminal bus, yang akan dilakukan oleh pasukan sukarelawan.

Para pejabat kesehatan negara itu mengatakan, bahwa pemakaian masker itu tidak wajib, tetapi hal itu merupakan saran para pejabat kesehatan berdasarkan saran dari para ahli penyakit akibat Covid-19.

Maskernya sendiri sedikit berbeda dengan yang digunakan di rumah sakit dan ada versi untuk orang dewasa dan anak-anak. Ini adalah masker jenis baru yang lebih higienis. 

Menteri Kesehatan Spanyol,  Salvador Illa mengatakan, itu berarti mereka yang akan kembali bekerja pada hari Senin (13/4) dapat melakukannya dengan aman, dan menjamin bahwa kurva epidemi terus menurun.

Meskipun kepala kesehatan mengatakan, pandemi telah memuncak, mereka mendesak penduduk untuk benar-benar mengikuti lockdown nasional yang diberlakukan pada 14 Maret 2020 untuk memperlambat penyebaran virus.

Lockdown di Spanyol berlanjut setidaknya sampai 26 April 2020, dengan perpanjangan lain diperkirakan sampai dengan 10 Mei 2020. 

Menurut angka terbaru dari Departemen Kesehatan yang baru saja dirilis pada Sabtu Paskah ini, sekarang telah ada 16.353 kasus meninggal. Kenaikan ini lebih rendah lagi dari kenaikan hari Jumat (10/4) yang menyentuh angka 605 kasus, dengan sendirinya bisa dikatakan hari sabtu (11/4) ini jumlah yang meninggal sebanyak 510 merupakan yang terendah sejauh ini.

Sementara jumlah yang terinfeksi meningkat sebanyak 4.830 kasus, sehingga total menjadi 161.852. Ini lebih dari peningkatan 4.576 pada hari Jumat (10/4), tetapi dikaitkan dengan lebih banyak pengujian.

Sedangkan untuk jumlah pasien yang telah sembuh dari virus corona dan telah dikeluarkan dari rumah sakit sekarang mencapai 59.109 kasus, lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah 55.668 pada Jumat (10/4). [mt/Dailymail]


Komentar Pembaca