Sebut Ada Yang Diuntungkan Dari Pandemik Corona, Sekjen PBB: Serangan Bioteroris Mungkin Terungkap

Internasional  JUMAT, 10 APRIL 2020 | 14:30 WIB | RMOL

Sebut Ada Yang Diuntungkan Dari Pandemik Corona, Sekjen PBB: Serangan Bioteroris Mungkin Terungkap

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres/Net

MoeslimChoice | Kurangnya kesiapan dalam menghadapi pandemik virus corona baru yang sedang terjadi bisa mengungkap adanya serangan bioteroris yang dilakukan oleh aktor non-negara.

Demikian yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres kepada Dewan Keamanan PBB pada Kamis, 9/4/20.

"Kelemahan dan kurangnya kesiapsiagaan yang terungkap oleh pandemik ini memberikan jendela ke bagaimana serangan bioteroris mungkin terungkap dan dapat meningkatkan risiko," kata Guterres.

"Kelompok-kelompok non-negara bisa mendapatkan akses ke jenis virus yang dapat menimbulkan kehancuran pada masyarakat di seluruh dunia," lanjutnya seperti dimuat Sputnik.

Klaim Guterres tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya beberapa aktor mungkin mengambil keuntungan dari krisis global yang sedang terjadi dan mendorong terjadinya perpecahan lebih lanjut.
Pada akhirnya, itu mengakibatkan eskalasi kekerasan dan potensi kehancuran semakin besar.

Bukan hanya itu, pandemik Covid-19 juga semakin mengikis kepercayaan masyarakat terhadap institusi publik. Di mana saat ini, warga negara menganggap pemerintahan mereka telah salah atau kurang melakukan transparansi dalam hal menangani virus.

Untuk itu, Guterres kemudian meminta Dewan Keamanan PBB untuk bersatu untuk menghadapi tantangan perdamaian dan keamanan global yang ditimbulkan pandemik ini.

Hingga saat ini, Jumat, 10/4/20, data dari Universitas Johns Hopkins menunjukkan, virus corona telah menginfeksi lebih dari 1,6 juta jiwa dengan lebih dari 95 ribu orang meninggal dunia dan lebih dari 350 ribu lainnya dinyatakan pulih. (wrn)


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55