PKL dan Penarik Becak Pacitan Terima Beras Covid-19

Daerah  KAMIS, 09 APRIL 2020 | 11:05 WIB

PKL dan Penarik Becak Pacitan Terima Beras Covid-19

Bupati Pacitan, Indartato (kiri), dan beras premium bantuan bagi PKL dan penarik becak

MoeslimChoice | Saluran pernapasan agak mengendur. Begitulah perasaan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) dan penarik becak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang sejak merebaknya virus Covid-19 nyaris kehilangan penghasilan rutin hariannya.

Pemerintah Kabupaten Pacitan memberikan keringanan untuk menunjang kehidupan sehari-hari para PKL yang biasa bermarkas di sepanjang trotoar Alun-alun Kota, Pasar Sawo, dan juga samping Kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pacitan.

“Kita sama-sama tahu, masyarakat yang kita kasih sembako ini karena sementara mereka tidak bisa jualan lagi. Pemerintah memberikan bantuan beras untuk meringankan beban mereka,” kata Bupati Indartato kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Kamis (9/4/2020).

Bantuan sembako itu, berupa beras premium sebanyak 10 kilogram, diberikan secara simbolis kepada beberapa PKL. Menurut Indartato, para PKL ini sudah berhari-hari tidak berjualan, demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Pacitan.

“Ya, mereka kan sudah tidak berjualan lagi. Otomatis pendapatan mereka sangat berkurang. Maka, kita, Pemerintah, berusaha membantu meringankan beban hidup mereka di tengah-tengah wabah ini,” imbuhnya.

Bantuan semacam itu, lanjut Bupati Pacitan dua periode ini, akan dilakukan secara berkelanjutan di kecamatan dan desa-desa.

“Nanti, bakal ada jaring pengaman sosial dari Pemerintah Pusat terhadap calon-calon penerima yang sudah terdata. Dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga ada. Begitu pula dari Program Grindulu Mapan Kabupaten Pacitan. Para calon penerima ini sebenarnya tidak semuanya miskin. Tapi karena pendapatannya berkurang, maka kita bantu,” tegas Indartato.

Ia sangat berharap, virus Covid-19 ini bisa segera berlalu, dan jangan sampai merambah di Pacitan, agar ekonomi rakyat bisa kembali berjalan normal.

Terpisah, salah seorang PKL penerima bantuan, menyampaikan rasa syukurnya. Dia berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pacitan yang telah membantu meringankan beban hidupnya selama masa penanganan virus Covid-19 ini.

“Alhamdulillah sekali. Pemerintah cepat tanggap dengan apa yang dikeluhkan masyarakatnya. Kami tentunya merasa senang dan bangga, karena nasib kita benar-benar dipikirkan,” katanya kepada MoeslimChoice. [yhr]


Komentar Pembaca