PDP Pacitan Masih Tunggu Nasib

Daerah  RABU, 08 APRIL 2020 | 12:00 WIB

PDP Pacitan Masih Tunggu Nasib

Rahmad Dwiyanto, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pacitan

MoeslimChoice | Tiga pasien terduga Covid-19 di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, harus meningkatkan dulu kesabarannya. Mereka masih harus menunggu dulu kejelasan nasibnya dari hasil pengecekan laboratorium di Jakarta.

Sampai saat ini, menurut data, warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Pacitan masih ada lima orang.

Namun, berdasarkan keterangan dari Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pacitan, Rahmad Dwiyanto, jumlah yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan tinggal tiga orang.

“Yang jelas, kondisi PDP ada lima orang. Yang satu sudah dipulangkan, karena dinyatakan negatif. Yang seorang lagi melakukan karantina mandiri di rumah, karena alasan punya anak kecil, tapi tetap dalam pengawasan Dinas Kesehatan dan pihak RSUD,” kata Rahmad Dwiyanto kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Rabu (8/4/2020).

Meski begitu, dalam data masih tetap tercatat lima orang PDP. Terlepas dari itu, Rahmad juga mengungkapkan, kondisi pasien saat ini memang sehat, tapi tetap harus menunggu dulu hasil tes dari laboratorium di Jakarta.

“Sabtu (4/4/2020) kemarin, hasilnya sudah dikirim ke Jakarta, dan hingga saat ini masih menunggu hasil pengujian di laboratorium tersebut,” imbuh Rahmad Dwiyanto.

Kondisi keempat PDP tersebut, menurut Rahmad, relatif sehat. Hasil rapid test terhadap dua pasien tidak reaktif, sehingga tidak perlu menjalani swab test. Sementara yang hasil rapid test-nya positif harus melakukan swab test.

Rahmad juga mengatakan, semua biaya penanganan pasien yang positif Covid-19 ditanggung oleh Pemerintah Daerah.

“Semua biaya pasien yang positif akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah, dan nanti akan diberikan surat keterangan Kejadian Luar Biasa (KLB) dari Bupati Pacitan. Tapi, ya masih menunggu dulu hasil tes laboratorium,” pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca