Penularan Vertikal Belum Terbukti, Dua Ibu Pengidap Covid-19 Lahirkan Bayi Tanpa Terinfeksi Corona

Kesehatan  RABU, 08 APRIL 2020 | 14:30 WIB | RMOL

Penularan Vertikal Belum Terbukti, Dua Ibu Pengidap Covid-19 Lahirkan Bayi Tanpa Terinfeksi Corona

Bayi terinfeksi virus corona di Wuhan/Net

MoeslimChoice | Dua wanita hamil yang didiagnosis positif mengidap Coronavirus Disease (Covid-19) telah melahirkan dua bayi sehat yang dinyatakan negatif terinfeksi virus corona baru.

Diungkapkan oleh pihak Rumah Sakit Rebagliati di Lima, anak pertama lahir pada 27 Maret, sedangkan yang kedua pada 31 Maret. Untuk menghindari komplikasi, keduanya dilahirkan melalui operasi caesar.

"Untungnya, belum ada penularan vertikal, itu berarti tidak ada penularan dari ibu ke bayi baru lahir," kata dokter di rumah sakit tersebut, Carlos Albretch seperti dimuat Reuters.

Saat ini, Albretch mengatakan, kedua ibu tersebut sudah dalam kondisi yang sehat meski masih menerima pengobatan untuk Covid-19.

Sebelumnya, muncul kekhawatiran akan adanya potensi penularan virus dari ibu kepada anak yang belum lahir setelah satu kasus tersebut ditemukan di Wuhan.

Namun, berdasarkan penelitian yang diterbitkan Lancet pada pertengahan Februari terhadap sembilan wanita hamil di China yang dites positif terkena virus, belum ada bukti akan kemungkinan terjadinya penularan vertikal dari ibu ke bayi.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa ibu yang dites positif terkena virus harus diperbolehkan untuk merawat dan menyusui bayi mereka seperti biasa, asalkan mereka menjaga kebersihan yang ketat.

Hal itu juga diterapkan di Peru, di mana Albretch mengatakan para ibu akan tetap bersama bayi mereka.

"Ini adalah pandemi baru, kami tidak memiliki pengalaman. China dan Italia memiliki beberapa publikasi yang memberikan beberapa rekomendasi menyusui. Penularan melalui ASI belum terbukti," ujarnya. (wrn)



Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Perahu KN 3 SAUDARA Terhempas Ombak, 1 Orang Nelayan MD