Ingin Tetap Mudik? Ikuti Regulasi Ini Biar Tidak Disuruh Putar Balik

Nasional  SELASA, 07 APRIL 2020 | 17:05 WIB

Ingin Tetap Mudik? Ikuti Regulasi Ini Biar Tidak Disuruh Putar Balik

Foto ilustrasi/net

Moeslimchoice |  Polri akan membuat regulasi pembatasan jumlah penumpang kendaraan bagi warga yang tetap ingin mudik. Tujuannya untuk tetap menerapkan pentingnya social distancing dan physical distancing untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Disampaikan Kakorlantas Polri Irjen Istiono, pihaknya akan membuat regulasi pembatasan jumlah penumpang kendaraan bagi warga yang tetap memilih mudik. Ini penting agar semuanya tetap terjaga kesehatannya.

“Kita buat regulasi pembatasannya. Tujuannya diharapkan nanti dapat menekan 50 persen dari kapasitas yang ada, sebagai komitmen menjaga jarak dan SOP kesehatan,” jelas Irjen Pol Istiono, seperti dilansir dari pmjnews, Selasa (7/4/20).

Ditegaskan lagi, pemberlakuan tersebut dimaksudkan agar masyarakat tetap sadar pentingnya social distancing dan physical distancing agar tetap sehat dan tak terpapar virus corona.

“Iya diatur sebaik mungkin ya. Misalnya, untuk mobil sedan itu hanya diberlakukan untuk dua orang. Minibus cukup tiga orang. Depan, tengah, belakang, tiga orang. Roda dua satu orang saja,” tandasnya.

Jika nantinya pemudik tidak mengikuti aturan ini, maka pihak kepolisian akan memintanya untuk putar balik atau kembali ke kediamannya di Jakarta. Untuk mempertegas aturan tersebut, polisi akan ditempati di beberapa titik termasuk dijalan tol, arteri dan juga jalan perbatasan. Patroli rutin juga akan disiagakan.

“Tentunya sanksi, tindak tegas, ini adalah operasi KLB, operasi kemanusiaan. Jadi yang melebihi kapasitas itu akan kita putar alihkan. Suruh balik kanan, balik ke rumah saja, demi keselamatan dan kesehatan kita semua. Kita bareng-bareng melawan Covid-19,” kata Istiono. [fah]


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Lebaran

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Lebaran

Rabu, 03 Juni 2020 | 21:05