Raih 32 Suara, Muhammad Syarifuddin Terpilih Sebagai Ketua MA 2020-2025

Hukum  SENIN, 06 APRIL 2020 | 18:25 WIB

Raih 32 Suara, Muhammad Syarifuddin Terpilih Sebagai Ketua MA 2020-2025

foto/net

Moeslimchoice. Hakim Agung Muhammad Syarifuddin resmi terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025 menggantikan Muhammad Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Mei 2020. Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA setelah berhasil memperoleh suara terbanyak dalam putaran kedua sidang paripurna pemilihan Ketua MA, Senin (6/4).

Syarifuddin berhasil meraih 32 suara dari 47 suara. Dia mengalahkan Andi Samsan Nganro yang memperoleh 14 suara. Sementara satu suara dinyatakan abstain, yakni suara Hatta Ali.

"Berdasarkan berita acara hasil perhitungan suara, ternyata yang mulia Doktor Haji Muhammad Syarifuddin telah mendapatkan suara sejumlah 32 suara," ujar Ketua MA, Muhammad Hatta Ali dalam Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua MA di Gedung MA, Senin (6/4).

Hatta Ali menyatakan berdasarkan Keputusan Ketua MA Nomor 96/KMA/SK/IV/2020 tentang Peraturan Tata Tertib Pemilihan Ketua Mahkamah Agung, Pasal 7 huruf 1 menyatakan calon Ketua Mahkamah Agung yang mendapatkan suara terbanyak dalam putaran kedua, maka langsung ditetapkan sebagai Ketua MA terpilih.

"Maka calon Ketua MA tersebut, ditetapkan sebagai Ketua MA terpilih," kata Hatta Ali sambil mengetuk palu sebagai tanda resminya M Syarifuddin menjabat sebagai Ketua MA.

Dalam sambutannya, M Syarifuddin menyampaikan terimakasih telah dipercaya untuk memimpin lembaga tertinggi di peradilan. Dia berharap mendapat banyak dukungan untuk mengemban amanah melanjutkan estafet kepemimpinan di Mahkamah Agung.

"Terima kasih atas kepercayaan kepada saya untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan Ketua MA. Mulai hari ini berakhir sudah demokrasi kecil di MA. Mulai hari ini pula, saya harap tidak ada perbedaan pendapat, tidak ada dukung-mendukung di antara kita," kata Syarifuddin dalam sambutannya. 

Syarifuddin mengajak jajaran peradilan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab agar MA dan badan peradilan di Indonesia lebih baik lagi. 

Menelisik Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilansir dari laman e LHKPN.kpk.go.id, Muhammad Syarifuddin memiliki harta kekayaan mencapai Rp 3,6 miliar. Harta kekayaannya tersebut terdiri dari aset berupa tanah dan bangunan yang berada di Kota Jogjakarta, Ogan Komering Ulu, Banyumas, dan dua di daerah Jakarta Selatan. Total tanah dan bangunan Syarifuddin senilai Rp 2,9 miliar. 

Bila ditambah dengan kekayaan lainnya, baik berupa harta bergerak yang berupa alat transportasi, maupun harta  tak bergerak, total keseluruhannya kurang lebih mencapai Rp 3,6 miliar. [mt] 


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Dinas ESDM Ganti Dengan Dinas Koral Dan Pasir