Satgas Pencegahan Covid-19 IAIN Jember Bantu Masyarakat Kelas Bawah

Pendidikan  JUMAT, 03 APRIL 2020 | 22:10 WIB

Satgas Pencegahan Covid-19 IAIN Jember Bantu Masyarakat Kelas Bawah

foto/net

Moeslimchoice. Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember hari ini (3/4) menggelar aksi solidaritas kemanusiaan. Mereka memberikan bantuan kepada masyarakat lapisan bawah yang terdampak secara sosial penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-2019).

Bentuan berupa Nasi Kotak yang dibagikan kepada tukang ojek, tukang becak, pedagang, dan masyarakat di sekitar Kecamatan Kaliwates, Jember.

Rektor IAIN Jember, Babun Suharto mengungkapkan, kegiatan solidaritas kemanusiaan tersebut akan dilakukan dua kali dalam seminggu. 

"Ini kita mulai hari Jumat (3/4) dan Selasa (7/4) pekan depan kita juga akan gelar aksi kemanusiaan ini seperti ini," ungkap Babun yang juga Ketua Forum Rektor PTKIN di Jember, Jumat (3/4).

Dikatakan Babun, IAIN Jember sebagai lembaga pemerintah juga bertanggung jawab dengan kondisi sosial yang dialami masyarakat. Karena itu, pihaknya mengaku terpanggil untuk membantu masyarakat kelas bawah yang merasakan dampak sosial dari Covid-19.

"Ini merupakaan kepekaan sosial kami sebagai instansi pemerintah yang juga ikut bertanggung jawab, setidaknya meringankan beban masyarakat akibat pandemi virus corona ini. Semoga solidaritas sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," terangnya saat membagikan sembako di perempatan Mangli, Jember.

Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 IAIN Jember, Hefni Zain mengungkapkan, selain Nasi Kotak, IAIN Jember juga membagikan beras kepada seratus kepala keluarga, dan beragam bentuk bantuan lainnya. Menurut Hefni, kebijakan pemerintah yang membatasi interaksi sosial di tengah masyarakat berdampak kepada ruang gerak aktifitas, khususnya pada masyarakat yang berada di lapisan bawah.

"Untuk itu, kita bagikan bingkisan dengan harapan dapat mengurangi beban masyarakat yang tidak bisa beraktifitas seperti biasa. Kepedulian kami semoga menjadi pemantik awal untuk mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat bahu membahu bergotong royong untuk saling membantu di tengah kondisi sulit seperti saat ini," tutur Hefni, yang juga Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Jember.

Hefni menjelaskan, bahwa IAIN Jember melalui Satgas Pencegahan Covid-19 melakukan beberapa langkah, baik di internal lingkungan kampus maupun di luar kampus. Untuk internal kampus, IAIN Jember telah melakukan penyemprotan disenfektan di seluruh gedung lingkungan IAIN bersama tim gabungan Pemerintah Kabupaten Jember, aparat Kepolisian, Dandim, dan Baznas Jember.

Selain itu, IAIN Jember juga telah membagikan hand sanitizer secara gratis ke 100 Masjid yang tersebar di 10 Kecamatan di wilayah Jember. Hand sanitizer yang dibagikan merupakan produksi mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember.

"Pembagian hand sanitizer sebagai bentuk kepedulian kami di tengah kelangkaan hand sanitizer di pasaran. Alhamdulillah, hal itu sudah kami lakukan dengan membagi di beberapa Masjid di wilayah Jember," ungkap Hefni.

Terkait dengan perkuliahan, Hefni mengungkapkan, IAIN Jember menerapkan perkualihan daring dengan menyediakan aplikasi pembelajaran yang memudahkan bagi mahasiswa. Sementara sistem kerja untuk dosen dan tenaga kependidikan, IAIN Jember menerapkan 'work from home' sebagaimana diatur dalam surat edaran Rektor IAIN Jember nomor 1039.

"Semua itu kami terapkan guna untuk meminamalisir penyebaran virus covid-19 dengan mengikuti dan menyesuaikan arahan pemerintah," pungkas Hefni. [mel]


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Perahu KN 3 SAUDARA Terhempas Ombak, 1 Orang Nelayan MD