Ada Perang di Pacitan

Daerah  RABU, 01 APRIL 2020 | 13:25 WIB

Ada Perang di Pacitan

Perang melawan musuh yang tak terlihat oleh mata telanjang

MoeslimChoice | Jajaran TNI, Polri, dan Pemadam Kebakaran di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terlibat dalam sebuah perang besar pada Selasa (31/3/2020).

Namun, perang kali ini tidak melibatkan senjata api dan peluru, melainkan perangkat penyemprotan dengan cairan disinfektan sebagai amunisinya.

Karena musuh yang satu ini ujudnya memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, maka Kodim 0801, Polres Pacitan, dan Pemadam Kebakaran mencoba memberantasnya melalui penyemprotan disinfektan.

Ya, begitulah yang mereka lakukan demi mencegah serbuan virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pacitan.

Penyemprotan kali ini dilakukan di beberapa titik yang dianggap sebagai tempat berkumpulnya orang banyak.

“Hari ini kita juga mengadakan penyemprotan, antara lain di pondok-pondok pesantren, ada enam titik, dan beberapa titik lainnya. Kalau kemarin Kodim 0801 mengadakan penyemprotan di sepanjang jalan protokol, maka hari ini kita tindaklanjuti penyemprotan di titik-titik lainnya,” kata Kapolres Pacitan, AKBP Didik Haryanto, kepada Kontributor MoeslimChoice, Suluh Apriyanto, Selasa (31/3/2020).

Lebih lanjut Didik menerangkan, upaya pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten ini takkan berhenti di sini, dan bakal berlanjut pada hari-hari berikutnya.

“Penyemprotan disinfektan takkan selesai sampai di sini, tetapi akan terus berlanjut. Harapan kami, Covid-19 ini sama sekali tak masuk ke Pacitan,” katanya.

Terkait penanganan Satuan Tugas Covid-19 di Pacitan menghadapi potensi kehadiran para pemudik dari daerah-daerah Zona Merah, Didik menyatakan kesiapannya.

“Di Pacitan ini, yang perlu diantisipasi adalah warga kita yang pulang dari Jakarta. Karena, di sana merupakan daerah pandemi. Kebetulan kita kemarin sudah rapat secara vicom bersama Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, masyarakat Pacitan yang pulang dari Jakarta sudah melakukan isolasi mandiri. Tindakan itu timbul dari kesadaran mereka sendiri.

Namun, lanjutnya, warga tak perlu cemas, karena Satgas Covid-19 sudah menyiapkan beberapa pos di berbagai wilayah, terutama pada gerbang-gerbang masuk Pacitan.

“Kita mempunyai lima titik wilayah, di mana titik-titik tersebut untuk penyekatan arus pemudik yang masuk ke Pacitan. Di masing-masing pos kita mengadakan pemeriksaan, cek kesehatan penumpang, dan juga penyemprotan disinfektan terhadap armada kendaraannya,” pungkas Kapolres. [yhr]


Komentar Pembaca
Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:30

Inilah Kunci Ketenangan Hati Menurut Al Quran
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30