Rentenir Pacitan Terpapar Corona

Daerah  RABU, 01 APRIL 2020 | 13:05 WIB

Rentenir Pacitan Terpapar Corona

Spanduk "Stop Bank Plecit" di Gapura Dusun Kauman, Pacitan

MoeslimChoice | Ternyata, yang “terpapar” virus Corona di Dusun Kauman, Arjowinangun, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, itu bukan saja para pelaku wisata syahwat, tapi juga kaum rentenir atau —dalam bahasa masyarakat di sana— bank plecit.

Di dusun itu, ditemukan spanduk bertuliskan “Stop Bank Plecit”. Maksud dari spanduk itu sama dengan yang lainnya, antisipasi masyarakat setempat agar lingkungannya tidak terjangkit Covid-19 akibat masuknya warga-warga dari luar daerah.

Ternyata, menurut pernyataan warga sekitar, tulisan-tulisan dalam spanduk itu lumayan jitu. Selain memutus mata rantai penyebaran virus Corona, juga sekaligus memutus mata rantai penagihan dari para rentenir.

“Ya, alhamdulillah, ada hasilnya juga. Sejak tulisan itu terpajang di gapura, beberapa hari ini tidak terlihat ada rentenir yang masuk ke wilayah sini,” katanya kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Rabu (1/4/2020).

Efek dari pemasangan tulisan ala kadarnya itu ternyata memang manjur. Lingkungan Kauman terlihat sepi. Hanya warga setempat yang terlihat mondar-mandir di sana.

Terpisah, Kepala Dusun Kauman, Aris, mengungkapkan, tulisan itu sebenarnya murni ide dari warga masyarakat.

“Itu yang nulis masyarakat. Yang masangnya juga masyarakat sekitar,” kata Aris kepada MoeslimChoice.

Ia menambahkan, sejak muncul tulisan “Stop Bank Plecit” itu, pihaknya juga tidak pernah melihat lagi ada kegiatan penagihan di wilayahnya.

“Ya, semenjak ada tulisan itu, saya sendiri belum melihat adanya kegiatan-kegiatan penagihan dari para rentenir atau bank plecit di wilayah sini,” pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca
Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:30

Inilah Kunci Ketenangan Hati Menurut Al Quran
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30