Tinggal 2 Provinsi Masih Steril Infeksi Corona

Nasional  RABU, 01 APRIL 2020 | 01:10 WIB | Warni Arwindi

Tinggal 2 Provinsi Masih Steril Infeksi Corona

Drone menyemprot disinfektan di DKI Jakarta

MoeslimChoice | Tinggal dua provinsi yang masih steril dari wabah corona setelah hari ini Bengkulu mencatat seorang pasien telah positif corona. Provinsi ang tercatat belum memilik pasien positif corona tinggal Gorontalo dan Nusa Tenggara Timur sebagaimana keterangan Juribicara Pemerintah untuk Penanggulangan Covid-19 Achmad Yurianto (Yuri) di Jakarta, Selasa, 31/3/20.

Yuri juga menyebutkan, ada tujuh provinsi dan 41 kabupaten/kota yang sudah menetapkan status siaga darurat virus corona tanpa menyebut rinciannya. Selain itu, kata dia, 16 provinsi dan 86 kabupaten/kota telah membentuk gugus tugas penangan wabah COVID-19.

Menurut Yuri, sejumlah daerah telah berinovasi dalam menekan angka penularan. "Beberapa daerah melawan Covid-19 dengan berbagai inovasi, termasuk mengawasi mobilitas penduduk yang ada di wilayahnya," ujarnya.

Per Selasa, 31/3/20 ada penambahan pasien positif 114 menjadi 1528, kemudian pasien sembuh total 81, dan pasien yang meninggal total 136. Rincian data positif Covid-19 di Indonesia menurut provinsi adalah Aceh lima kasus, Bali 19 kasus, Banten 142 kasus, Bangka Belitung dua kasus, Bengkulu satu kasus, DI Yogyakarta 23 kasus, DKI Jakarta 747 kasus.

Selanjutnya di Jambi dua kasus, Jawa Barat 198 kasus, Jawa Tengah 93 kasus, Jawa Timur 93 kasus, Kalimantan Barat sembilan kasus, Kalimantan Timur 20 kasus, Kalimantan Tengah sembilan kasus, Kalimantan Selatan delapan kasus dan Kalimantan Utara dua kasus. Kemudian di Kepulauan Riau tujuh kasus, NTB empat kasus, Sumatera Selatan lima kasus, Sumatera Barat delapan kasus, Sulawesi Utara dua kasus, Sumatera Utara 19 kasus, Sulawesi Tenggara tiga kasus.

Sedangkan di Sulawesi Selatan 50 kasus, Sulawesi Tengah tiga kasus, Lampung delapan kasus, Riau tiga kasus, Maluku Utara dan Maluku masing-masing satu kasus, Papua Barat dua kasus, Papua 10 kasus, serta satu kasus positif di Sulawesi Barat.

Selanjutnya Yuri menyampaikan apresiasi pemerintah kepada mereka yang tetap aktif baik di dalam maupun di luar rumah sesuai dengan keperluannya. Menurut Yuri, pelaksanaan penanganan virus corona harus dilakukan dengan sinergi. Ada yang bekerja di rumah dan juga di luar rumah.

"Kami apresiasi petugas yang melaksanakan amanat di luar rumah, petugas medis, aparat jasa transportasi, kurir, sopir ojol, pengemudi angkutan umum,"  ujarnya.

"Merekalah yang angkat banner 'we stay here for you, you stay home for us'," tandasnya.


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Dinas ESDM Ganti Dengan Dinas Koral Dan Pasir