Untuk Menekan Penyebaran Covid-19, Jatim akan Menambah Disinfektan

Daerah  SENIN, 30 MARET 2020 | 12:35 WIB | Sunarya Sultan

Untuk Menekan Penyebaran Covid-19, Jatim akan Menambah Disinfektan

Foto/net

Moeslimchoice | Menyikapi surat Badan Silaturahmi Ulama Pesantren Madura (Bassra) yang neminta agar pemerintah menempuh sistem Lockdown di Madura untuk mencegah tersebarnya virus corona (Covid-19), Pemprov Jawa Timur menggelar rapat bersama sejumlah pihak.

Terkait hal tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun mengaku telah menggelar rakor bersama Ketua DPRD Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim dan Pangarmada II TNI AL, di Gedung Negara Grahadi, Minggu (29/3/2020).

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pak Kapolda, Pak Pangdam, Ketua DPRD dan Pangkoarmada. Tadi juga ada Pak Wagub Jatim dan Pak Sekdaprov Jatim sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim," tutur Khofifah.

Pemerintah dalam rapat tersebut menyepakati belum akan melakukan lockdown di Madura. Sebagai gantinya pemprov segera memasang drive thru disinfektan untuk arus kendaraan dari Surabaya ke Madura begitu juga sebaliknya.

"Kami bersiap untuk memasang drive thru disinfektan untuk arus yang ke Madura. Dan arus yang dari Madura ke Surabaya," pungkas Mantan Menteri Sosial RI tersebut.

Tujuannya adalah agar warga yang berpergian antardaerah bisa disterilkan sebelum memasuki atau keluar Madura. Proses sterilisasi ini pun bisa dilakukan dengan cepat lantaran proses drive thru atau dilakukan tanpa perlu turun dari kendaraan.

Selain akses keluar masuk Madura, drive thru disinfektan juga akan dipasang di sejumlah pelabuhan seperti Probolinggo, Situbondo, dan Pelabuhan Kalianget di Sumenep. 

"Kita akan maksimalkan di titik-titik pelabuhan yang dari Probolinggo, Situbondo, dan Kepulauan Sumenep. Pada dasarnya disinfektan yang ada di Pemprov saat ini cukup untuk melakukan tugas-tugas itu," Khofifah menjelaskan. [nry]


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55