Penyekatan Jalan di Jakarta Timur dan Selatan Masih Konsep

Nasional  SENIN, 30 MARET 2020 | 00:00 WIB | Deman

Penyekatan Jalan di Jakarta Timur dan Selatan Masih Konsep

Apel siaga Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu, 28/3/20.

MoeslimChoice | Menanggapi dokumen yang beredar terkait penyekatan sejumlah ruas jalan di Ibu Kota, semakin jelas bahwa kepolisian sudah merancang skenario jika rencana itu diberlakukan secara resmi. Ini juga terkait dengan Surat Telegram Kapolda Metro Jaya yang ditandatangani Kepala Biro Operasi Kombes Marsudianto memerintahkan penyusunan rencana pengamanan jika terjadi penutupan jalan di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan, maksud surat itu adalah meminta data di masing-masing wilayah untuk rencana latihan atau simulasi terhadap situasi pandemi Corona saat ini. "Sekarang situasi Jakarta masih social distancing, physical distancing. Tidak ada karantina wilayah atau lockdown. Tapi kami harus tetap latihan. Apapun yang terjadi kami sudah latihan," kata Yusri kepada media Minggu, 29/3/20.

Sebelumnya beredar di berbagai group Whatsapp Surat Telegram Kapolda Metro Jaya dan rencana pengamanan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Namun, sekali lagi, ini adalah perencanaan pengamanan.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Sri Widodo mengatakan belum ada keputusan penutupan jalan. "Itu data perencanaan antisipasi perkembangan menjelang Ramadan dan Lebaran," ujarnya.

Sri menjelaskan, dokumen yang beredar adalah skema yang dipersiapkan Sat Lantas Polres Metro Jakarta andai pemerintah memberlakukan kebijakan lockdown atau karantina wilayah. "Semua pelaksanaan pasti ada sprint (Surat perintah tugas)-nya," kata dia.

Senada dengan itu, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur  AKBP Suhli menyatakan yang beredar itu adalah antisipasi. "Itu konsep (jika) tidak ada mudik nanti. Tapi baru konsep," ujarnya.

Berikut perencanaan untuk wilayah Jakarta Timur dan Selatan yang menjadi gerbang keluar-masuk wilayah Ibu Kota yang beredar:

JAKARTA TIMUR
Traffic Light Pangkalan Jati - Jalan Kalimalang

Arus kendaraan dari barat yang menuju ke Bekasi atau arah Jawa dari traffic light Halim Lama lurus Jalan Raya Kalimalang lurus sampai traffic light Borobudur lurus sampai dengan Pos Pam Penyekatan di traffic light Pangkalan Jati. Apabila lolos, lurus traffic light Radin Inten lurus sampai traffic light Lampiri lurus sampai Pos Pam Penyekatan di traffic light H. Naman. Arus kendaraan dialihkan putar balik di U Turn kembali ke arah barat atau Jakarta.

Traffic Light Cakung-Cilincing (Cacing) - Jalan Raya Bekasi
Arus kendaraan dari arah barat atau utara menuju Bekasi atau arah Jawa di traffic light Coca Cola lurus Jalan Perintis Kemerdekaan lurus sampai traffic light Kelapa Gading lurus sampai dengan traffic light Warung Jengkol lurus masuk Jalan Sultan Hamengkubuwono lurus sampai traffic light Pupar lurus masuk Jalan Raya Bekasi sampai dengan Pasar Cakung lurus sampai Pos Pam Penyekatan di traffic light Cakung-Cilincing di bawah jalan Tol H. Naman, arus kendaraan akan dialihkan putar balik di U Turn kembali ke arah barat atu Jakarta atau dialihkan belok kanan menuju Jalan Komarudin arah Pulo Gebang.

Traffic Light Pasar Rebo - Jalan Raya Bogor
- Arus kendaraan dari selatan atau arah Bogor dan Depok menuju Jakarta melewati traffic light Cibubur lurus traffic light Keog lurus traffic light Graha Cijantung lurus sampai Pos Pam Penyekatan di traffic light Pasar Rebo dialihkan di U Turn kembali ke arah selatan atau Depok dan Bogor

- Arus kendaraan dari arah utara atau Kramatjati menunju Bogor dan Depok melewati traffic light PGC Cililitan lurus traffic light Hek lurus sampai Pos Pam Penyekatan di traffic light Pasar Rebo dialihkan putar balik di u turn ke arah utara atau Kramatjati.

- Arus kendaraan dari arah timur atau Cipayung atau Kampung Rambutan menuju Bogor dan Depok melewati lurus sampai Pos Pam Penyekatan dialihkan putar balik di u turn Lotte kembali ke arah timur.

- Arus kendaraan dari arah Jaglak menuju Bogor dan Depok melewati traffic light Rindam lurus Pertigaan Caglak sampai dengan Pos Pam Penyekatan di traffic light Pasar Rebo dialihkan belok kiri ke arah Kramatjati.

JAKARTA SELATAN
Cilandak

Lokasi penutupan berada di depan Universitas Veteran dan pintu masuk Tol Fatmawati. Cara penutupan adalah dari selatan menuju utara Cinere, Depok diputar balikan di depan Universitas Veteran dan yang dari Cinere menuju selatan diarahkan ke kiri di jalan H. Ipin depan Aneka Buana diarahkan kembali ke arah Cinere, Depok.

Jagakarsa
Lokasi penutupan berada di U Turn atau putaran balik Ranco; di bawah U Turn PJO Ranco; U Turn Pos Gardu; jembatan penyeberangan orang atau JPO layang Universitas Indonesia; pintu masuk Tol Lenteng 3; dan pintu masuk Tol Lenteng 1. Cara penutupan adalah masyarakat yang dari arah Pertanian mengarah ke timur lalu lintas disekat di putaran Ranco untuk diluruskan kembali ke arah barat, gerbang tol keseluruhan ditutup, untuk yang dari UI menuju Lenteng diputarkan ke pos gardu diarahkan kembali ke arah UI.

Kebayoran Lama
lokasi penutupan berada di Pasar Jumat; traffic light Pasar Jumat; dan traffic light Lebak Bulus. Cara penutupan adalah dari arah timur Pondok Cabe belok kiri arah Ciputat kemudian dari Pondok Indah ditutup underpass diarahkan Jalan Ciputat Raya kembali ke arah Pondok Indah, untuk dari arah Ciputat dialihkan putar balik di traffic light kembali ke Ciputat.

Pesanggrahan
Lokasi penutupan berada di Jalan Kesehatan Raya; Jalan Bintaro Utama 1; dan gerbang Tol JORR Veteran. Cara penutupan adalah masyarakat dari wilayah Tangerang Selatan yang menuju ke Jalan Kesehatan Raya untuk memasuki Tol JORR Veteran disekat, Jalan Bintaro Utama 1 dialihkan ke Jalan Bintaro Utama arah Tangerang Selatan kembali ke wilayah Banten, demikian juga yang dari wilayah Pesanggrahan dialihkan di Jalan Kesehatan Raya untuk putar balik.


Komentar Pembaca