Actemra, Obat Radang Sendi yang Naik Daun Jadi Penyembuh Covid-19

Kesehatan  MINGGU, 29 MARET 2020 | 21:25 WIB | Warni Arwindi

Actemra, Obat Radang Sendi yang Naik Daun Jadi Penyembuh Covid-19

MoeslimChoice | Harapan mengatasi wabah corona dan penyakit Covid-19 muncul dari obat nyeri sendi buatan perusahaan farmasi Swiss, Roche. Nama merek obatnya Actemra yang mengandung senyawa tocilizumab.

Pada Minggu, 29/3/20, semakin banyak saja informasi tentang Actemra dan pembahasannya. Semoga obat ini memang dapat menyembuhkan Covid-19. Terlebih karena produsen Actemra, Roche, juga telah mengumumkan persetujuan Badan Pengawasn Obat dan Makanan AS  (Food and Drug Administration, FDA). untuk uji coba fase ketiga obat itu pada pasien Covid-19 yang parah karena mengalam penumonia.

“Kami berterima kasih kepada FDA karena cepat mempercepat persetujuan uji klinis ini untuk mengevaluasi Actemra pada pasien sakit kritis yang menderita pneumonia setelah infeksi coronavirus dan kami bergerak maju untuk mendaftar secepat mungkin,” kata Alexander Hardy, kepala eksekutif Roche Unit Genentech.

Uji coba - bernama COVACTA - akan merekrut sekitar 330 pasien di seluruh dunia, dengan perkiraan dimulai pada awal April 2020. Sebelumya, Actemra (tocilizumab) - penghambat interleukin-6 (IL-6) telah disetujui di China untuk pengobatan pasien yang terinfeksi penyakit coronavirus yang baru, yang telah mengalami kerusakan paru-paru serius dan juga telah meningkatkan kadar IL-6 dalam darah.

Pada beberapa pasien yang terinfeksi coronavirus novel (SARS-CoV-2), bukan virus itu sendiri yang melakukan kerusakan terburuk. Rupanya virus corona menimbulkan gejala klinis yang disebut cytokine storm (badai sitokin) yang memicu produksi berlebih sel-sel imun dan molekul-molekul peradangannya mengancam jiwa pasien.  Badai sitokin inilah yang menyebabkan kerusakan paru-paru parah dan gangguan pernapasan akut.

Para peneliti di seluruh dunia baru-baru ini telah menemukan bahwa pensinyalan IL-6 mungkin menjadi penyebab utama dari reaksi kekebalan yang tidak terkendali ini pada pasien COVID-19. Dengan begitu, yang menjadi terapi adalah menghambat IL-6 dapat secara efektif mengendalikan kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh virus.


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Lebaran

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Lebaran

Rabu, 03 Juni 2020 | 21:05