Karena COVID 19 Layanan SIM, SKCK dan BPKB Polres Bogor Ditutup Sementara

Daerah  JUMAT, 27 MARET 2020 | 06:05 WIB | Sunarya Sultan

Karena COVID 19 Layanan SIM, SKCK dan BPKB Polres Bogor Ditutup Sementara

Foto/net

Moeslimchoice | Selama pandemi virus baru COVID-19, Polres Bogor menutup sejumlah layanan, seperti pengurusan surat izin mengemudi (SIM), buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB), dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

"Penundaan pelayanan publik SIM, BPKB dan SKCK di Polres Bogor ini dalam rangka pencegahan penyebaran virus COVID-19," tutur Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/3/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, polisi juga meniadakan dahulu kegiatan penilangan. Pemberlakuan itu sesuai instruksi dari Kapolri yang tertuang dalam surat Telegram Nomor: ST/967/III/YAN.1.1./2020 tanggal 23 Maret tahun 2020 tentang penutupan sementara pelayanan publik SIM, tilang, BPKB, dan SKCK.

Menurut Ita, pelayanan SIM baik pembuatan baru maupun perpanjangan ditutup sejak 25 Maret 2020, berbarengan dengan penutupan layanan SKCK. Ita menyebutkan, dua layanan ini ditutup sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Sementara, khusus layanan BPKB dan surat tanda nomor kendaraan (STNK) di wilayah hukum Polda Jawa Barat, ditutup sejak 24 Maret 2020, hingga 29 Maret 2020.

Meski begitu, layanan pajak kendaraan bermotor (PKB) tetap dibuka secara online. Masyarakat yang ingin membayarkan pajaknya bisa dilakukan melalui situs perdagangan online yang sudah bekerja sama dengan Pemprov Jabar.

"Khusus para wajib pajak masih dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya secara online melalui e-Samsat, pada tanggal tersebut dan tidak kena denda kendaraan, karena masih masuk dalam program Triple Untung," demikian Ita. [nry]


Komentar Pembaca