Komisi I: Physical Distancing Cegah Corona Perlu Peran TNI dan BIN

Polhukam  RABU, 25 MARET 2020 | 00:00 WIB | RMOL

Komisi I: Physical Distancing Cegah Corona Perlu Peran TNI dan BIN

MoeslimChoice | Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari menyoroti keberhasilan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, TNI, dan berbagai pihak terkait dengan penjemputan alat-alat kesehatan dari China.

Kharis mengatakan, ia sangat mengapresiasi operasi Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) yang bertujuan untuk melawan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

"Semua langkah untuk mengatasi musibah pandemik virus Covid-19 yang berasal dari Tiongkok semoga bisa kita tanggulangi juga dengan alat-alat bantuan dari Tiongkok," ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Selasa, 24/3/20.

Lebih lanjut, Kharis juga mengungkapkan harapannya agar TNI dan BIN yang menjadi dua mitra Komisi I DPR RI dapat melaksanaan langkah lanjutan dalam gugus tugas penanggulangan Covid-19.

"TNI dan BIN amat penting dilibatkan untuk menjaga agar upaya dalam mengatasi kegawatdaruratan berjalan aman, fokus dan tepat serta cepat dalam upaya mengatasi musibah ini, saya yakin BIN dan TNI akan menambah kekuatan gugus tugas menjalankan amanah Presiden," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan kerja sama Kementerian Pertahanan bersama dengan Mabes TNI untuk mengambil langsung bantuan dengan menggunakan pesawat udara militer milik TNI AU.

Selain itu, Kharis juga mengimbau pentingnya social distancing untuk ditegakkan dalam kehidupan masyarakat sesuai dengan UU 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Atau yang saat ini istilah yang digunakan adalah physical distancing atau jarak fisik, lanjutnya.

Dengan begitu, Anggota DPR RI asal Solo ini juga berharap upaya Polri dan TNI serta aparat sipil lainnya membubarkan kerumunan yang membahayakan agar dilihat sebagai upaya bersama untuk keselamatan bersama dengan penegakan hukum secara selektif, terukur dan sesuai dengan tujuannya menyelamatkan nyawa anak bangsa dari korban pandemi virus Covid-19.

"Kita harapkan semua masyarakat bisa mematuhi imbauan petugas di lapangan yang tetap mengedepankan upaya proaktif manusiawi dan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku," tandasnya.


Komentar Pembaca