Aneh, Lagi Musim Corona, di Pacitan Malah Ada Pasar Malam!

Daerah  SELASA, 24 MARET 2020 | 15:10 WIB

Aneh, Lagi Musim Corona, di Pacitan Malah Ada Pasar Malam!

Pasar Malam di Lapangan Desa Hadi Warno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan

MoeslimChoice | Sungguh pemandangan yang tidak nyambung. Di saat pemerintah dan masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi penyebaran virus Corona (Covid-19), di lapangan Desa Hadi Warno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur, malah digelar hiburan Pasar Malam.

Kehadiran wahana tersebut tentunya menggoda masyarakat untuk ke luar rumah. Anak-anak pun riuh merengek kepada orangtuanya masing-masing. Pasalnya, di arena tersebut banyak terdapat wahana permainan anak-anak dan menyediakan barang-barang dagangan dengan harga relatif murah.

Untunglah, tindakan sigap kemudian diambil. Pihak pengelola sontak menghentikan aktivitas Pasar Malam itu, demi mengikuti kebijakan pemerintah yang membatasi kegiatan pengumpulan massa demi pencegahan wabah virus Corona.

Kuri, Penanggung Jawab Pasar Malam, menegaskan, pihaknya untuk sementara akan menghentikan kegiatan itu, karena sudah ada permintaan dari pihak-pihak terkait.

Namun, apa daya, Pasar Malam itu ternyata masih mengantungi izin sampai tanggal 5 April mendatang.

“Ya, tadi malam (Sabtu, 21/3/2020), kita memang masih beroperasi, karena izin kita kan sampai tanggal 5 April. Tetapi, karena sudah ada permintaan berhenti dari pemerintah, ya kita patuh. Untuk sementara akan tutup dulu,” kata Kuri kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Minggu (22/3/2020).

Meski begitu, para pedagang dan penyedia wahana permainan yang datang dari luar daerah menyatakan akan tetap bertahan di Ngadirojo, sembari berharap pemerintah mengizinkan kembali mereka membuka lapaknya masing-masing.

“Tentunya saya berharap, Sabtu nanti bisa buka lagi. Ini sesuai dengan hasil koordinasi bersama pemerintahan setempat. Seminggu ini, ya sementara harus bertahan dulu, meski tanpa pemasukan,” imbuh Kuri.

Di sisi lain, salah satu perwakilan dari masyarakat sekitar yang keberatan namanya disebutkan, berpendapat, seharusnya pemerintah tegas membubarkan Pasar Malam itu, karena dinilai sangat berbahaya dengan merangsang masyarakat datang berkumpul di sana.

“Bagaimana tidak khawatir? Di saat yang lain berhati-hati dengan virus Corona, lha ini malah ada wahana permainan dan Pasar Malam. Kita juga jadi resah. Apalagi mereka itu kan bukan masyarakat sini. Mereka dari daerah lain,” keluhnya kepada MoeslimChoice.

Kini, masyarakat sekitar sangat berharap pemerintah segera mengambil keputusan yang tegas dan tepat, demi meredam rasa waswas warga terhadap kemungkinan merebaknya kasus Corona. [yhr]


Komentar Pembaca