Virus Corona, Dinkes: Insya Allah, Pacitan Aman

Daerah  MINGGU, 22 MARET 2020 | 18:10 WIB

Virus Corona, Dinkes: Insya Allah, Pacitan Aman

Dr. Hendra Purwaka, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

MoeslimChoice | Dr Hendra Purwaka, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menyatakan, hingga saat ini, belum ada satu pun warga Pacitan yang positif terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan berdasarkan data dari pemantauan yang dilakukan oleh Tim Pantau Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan hingga hari ini, Minggu (22/3/2020).

Menurut data tersebut, jumlah total warga yang dipantau ada 427 orang, dengan rincian hasilnya: Orang Sehat Dengan Risiko (ODR) sebanyak 374 orang, Orang Dalam Pantauan (ODP – 52), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP – 1). Sementara yang sudah selesai menjalani masa pemantauan ada 15 orang.

“Jadi, sementara, tidak ada Covid-19 di Pacitan. Soal yang dipantau oleh teman-teman pemantau, ya itu tadi hasilnya,” kata Hendra kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Minggu (22/3/2020).

Ia juga menerangkan, menurut informasi, satu pasien dari Pacitan yang dirujuk ke Rumah Sakit Dr. Iskak, Tulungagung, Jawa Timur, hasilnya sudah sehat.

“Kita mendapat info, satu pasien yang dirujuk ke RS Dr. Iskak di Kabupaten Tulungagung, sejak kemarin sudah dinyatakan sehat,” ungkapnya.

Sebelumnya, warga masyarakat menanti dengan waswas terkait hasil dari rujukan tersebut, karena belum mendapat kabar apakah positif atau negatif.

“Sekarang kan sudah ada kabar, satu pasien tersebut sehat. Memang, kita juga masih menunggu keputusan resminya, karena hasil tes itu masih ada di Jakarta, dan belum dikirimkan kepada kita,” imbuh Hendra.

Ia menambahkan, berdasarkan sistemnya, alur hasil pemeriksaan tersebut kini masih menunggu pengesahan dari tim di Jakarta.

“Kenapa lama? Ternyata, bahan hasil pemeriksaan itu harus dibawa secara bersama-sama, tidak satu per satu. Tapi, nanti kita tetap akan mendapatkan hasil tes tersebut dari Jakarta. Disampaikan dulu kepada Gubernur Jawa Timur, baru diinformasikan kepada kita,” jelasnya.

Hendra berharap, hasil dari pemeriksaan itu tetap negatif, sehingga harapan Covid-19 tak merambah Pacitan pun semakin besar lagi.

“Yang penting sekarang, ada atau tidaknya ancaman virus, kita harus selalu menjaga kebersihan, pola makan, dan berdoa. Sementara di tengah ancaman virus Corona, saat ini perlu ditambahkan lagi dengan menjaga jarak saat beraktivitas sosial, dan menjauhi kerumunan massa. Insya Allah kita akan terhindar dari sergapan virus Corona,” pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca