Corona Tunda Pelantikan PPS Pilkada Pacitan

Daerah  MINGGU, 22 MARET 2020 | 12:25 WIB

Corona Tunda Pelantikan PPS Pilkada Pacitan

Pengumuman keputusan penundaan pelantikan PPS Pilkada Pacitan 2020

MoeslimChoice | Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, resmi ditunda.

Hari ini, Minggu (22/3/2020), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan memutuskan penundaan tersebut terkait semakin merebaknya virus Corona (Covid-19).

Keputusan itu diambil setelah mereka mengadakan pertemuan bersama seluruh stakeholder di Ruang Rapat KPU Kabupaten Pacitan.

Usai rapat tersebut, Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Sulis Setyorini, menyampaikan penundaan resmi acara pelantikan PPS yang semula direncanakan akan dilaksanakan hari ini.

“Berdasarkan Surat Keputusan KPU RI Nomor 179 tanggal 21 Maret 2020, dan Surat Edaran KPU RI Nomor 8, kami bersama Bawaslu, Pemerintah Daerah, dan Kepolisian Pacitan, tadi memutuskan untuk menunda tahapan penyelenggaraan, sesuai dengan surat yang disampaikan KPU RI kepada kami,” kata Sulis kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Minggu (22/3/2020).

Dihubungi terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho, membenarkan adanya keputusan itu, karena menurutnya sudah sesuai dengan regulasi.

“Saya kira ini adalah keputusan yang paling tepat, agar lebih baik. Karena, kita tidak tahu risiko yang akan terjadi. Kita sedang melawan musuh yang tidak terlihat. Toh ini juga sesuai regulasi. Kalaupun dilantik sekarang, mereka juga tidak bisa langsung kerja. Dan, saya rasa, dilantik sekarang atau besok, sama saja kok hasilnya,” kata Heru kepada MoeslimChoice.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan, Berty Stefanus, menambahkan, pihaknya sangat setuju dengan adanya surat keputusan dari KPU RI itu.

“Dengan turunnya surat keputusan dari KPU RI, Bawaslu sangat setuju. Jadi, mengambil sikap untuk menunda kegiatan pelantikan PPS ini akibat merebaknya kasus virus Corona, yang berpotensi adanya persentuhan tangan di antara masyarakat,” jelasnya.

Terkait pelaksanaan tahapan-tahapan selanjutnya, semua pihak masih harus menunggu surat keputusan dari pihak KPU RI, meskipun nanti keadaan sudah relatif normal kembali. [yhr]


Komentar Pembaca
Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Sidang Itsbat Akan Digelar 21 Juli 2020

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:30

Inilah Kunci Ketenangan Hati Menurut Al Quran
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30