Cekal Covid-19 Ala Rutan Pacitan

Daerah  SABTU, 21 MARET 2020 | 09:00 WIB

Cekal Covid-19 Ala Rutan Pacitan

Perangkat sidik jari di Rutan Pacitan yang difungsikan sebagai alat "tatap muka" napi dengan pembesuknya

MoeslimChoice | Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2-B Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ikut berpartisipasi melakukan upaya pencegahan dan penangkalan (cekal) penyebaran virus Corona (Covid-19).

Caranya, antara lain, melarang adanya pertemuan tatap muka antara para napi dengan pembesuknya.

Jadi, bagaimana dengan hak-hak para napi untuk bertemu dengan pembesuknya? Jangan salah sangka dulu, larangan pertemuan tatap muka itu sudah dilengkapi dengan sarana lain.

Kios-K Aplikasi Zoom, yang sebenarnya merupakan alat untuk sidik jari, kini —akibat merebaknya penyebaran virus Covid-19— difungsikan sebagai sarana bagi warga binaan untuk bisa tetap berkomunikasi dengan para pembesuknya.

Biyena Siegza Laura, staf pelayanan tahanan di Rutan Kelas 2-B Pacitan, mengatakan, ini merupakan langkah aman untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 di Rutan Pacitan.

“Ini merupakan salah satu solusi untuk mengganti cara kunjungan karena virus Corona. Jadi, tidak diizinkan bertemu tatap muka dulu, tapi menggunakan metoda video call dengan alat tersebut,” kata Biyena kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Jumat (20/3/2020).

Dihubungi terpisah, Kepala Pengawas Rutan Pacitan, Nurhadi, menambahkan, para napi sendiri mengaku sangat antusias dengan cara itu, karena bisa mencegah penularan virus Corona di lingkungan mereka.

“Pastinya, warga binaan sangat antusias. Memang, dengan adanya ancaman virus Corona ini, kita melakukan pembatasan. Mereka untuk sementara tidak boleh dipertemukan dengan pembesuknya. Tapi, mereka masih tetap bisa bertemu dan berkomunikasi dengan cara video call,” kata Nurhadi kepada MoeslimChoice.

Ia menegaskan, pembatasan itu tak hanya berlaku untuk pertemuan tatap muka. Tapi juga dalam hal barang bawaan atau kirimannya. Karena, pihaknya harus benar-benar bisa menjamin agar tidak ada sumber penularan di lingkungan Rutan.

“Intinya, kita di sini mengurangi, termasuk barang bawaan atau kiriman. Kalau untuk bertemu dengan pembesuk kan sudah ada alat video call ini,” pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Perahu KN 3 SAUDARA Terhempas Ombak, 1 Orang Nelayan MD