Pacitan Masih Jumatan

Daerah  JUMAT, 20 MARET 2020 | 11:30 WIB

Pacitan Masih Jumatan

Masjid Agung Darul Falah Pacitan

MoeslimChoice | Di Jakarta, Gubernur Anies Baswedan untuk sementara menutup kegiatan sholat Jumat di masjid demi meredam potensi penyebaran virus Corona (Covid-19) yang cenderung kian meruyak.

Namun, di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, tidaklah demikian. Meski masyarakat tetap berharap serangan virus itu tak sampai ke kotanya, kegiatan sholat Jumat di masjid-masjid masih dilaksanakan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, Nurul Huda, memiliki sejumlah alasan untuk melakukan hal itu, selain karena pertimbangan sholat Jumat sebagai kewajiban kaum Muslimin.

“Untuk Pacitan, sampai detik ini tingkat penyebaran virus Corona tidaklah sekritis kota-kota lain, sehingga kegiatan sholat Jumat di masjid-masjid masih tetap dilakukan,” katanya kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Jumat (20/3/2020).

Dia pun berharap situasi yang relatif tidak kritis ini berangsur membaik, sehingga Pacitan sama sekali dinyatakan bersih dari ancaman virus Covid-19 yang sangat berbahaya itu.

“Harapan kami semua, marilah kita perbanyak mendekatkan diri dan hati kepada Allah SWT, agar janganlah virus Corona ini sampai ke Pacitan,” katanya.

Namun, dia tidak menutup kemungkinan menutup sementara kegiatan sholat Jumat di masjid-masjid, bila memang virus yang sedang mendunia itu sudah betul-betul menyerang Pacitan.

“Harapannya, tentu, janganlah sampai merambah ke Pacitan. Tapi, bilamana hal itu terjadi, tidak tertutup kemungkinan kita pun akan meniadakan sementara kegiatan ibadah sholat Jumat di masjid,” pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca