Obrolan Politik di Warkop Pacitan

Daerah  SENIN, 09 MARET 2020 | 12:30 WIB

Obrolan Politik di Warkop Pacitan

Ilustrasi

MoeslimChoice | Jelang Pilkada Serentak 2020, gema politik di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kian menyebar ke setiap sudut, termasuk di warung-warung kopi (warkop) dari Kota 1001 Gua ini.

Para Bakal Calon (Balon) Bupati mulai memanaskan mesin politiknya masing-masing. Begitu juga masyarakat, terutama yang hobi mengikuti informasi lewat pemberitaan media, baik cetak, online, maupun televisi.

Kangmas Bejo adalah salah satunya. Dia mengaku bukan pakar politik, dan tidak ahli juga soal pemerintahan. Tetapi, berbekal informasi yang didapatnya dari pemberitaan media, dia pun ikut unjuk kata untuk menilai figur yang pantas jadi Balon Wakil Bupati (Wabup) Pacitan periode 2020-2025.

Dia menyebut nama Sanyoto, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Pacitan, saat terlibat dalam obrolan politik bersama sekelompok orang pada salah satu warkop di pinggiran kota kelahiran Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ini.

“Pak Sanyoto itu orangnya loman (sering berbagi), seperti ‘bunglon’ (bisa beradaptasi dengan siapa saja), cepat tanggap, pekerja keras, dan tidak membeda-bedakan,” kata Kangmas Bejo kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Senin (9/3/2020).

Apalagi, lanjutnya, di ajang Pilbup Pacitan nanti, jangan cuma orang parpol yang maju. Orang dari jajaran birokrasi juga harus muncul jadi teman penyeimbang dalam memimpin Pacitan.

“Bupatinya bolehlah tokoh parpol. Tapi, Wakil Bupatinya dari tokoh birokrasi. Wah, cocok dan berimbang itu, pastinya. Kalau ini terjadi, pasti bakal banyak terjadi perubahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Pacitan, dari kota sampai desa,” katanya.

Kangmas Bejo mengaku sangat berharap agar sosok seperti Sanyoto bisa menjadi Balon Wabup Pacitan periode 2020-2025.

“Walaupun kami ini hanyalah masyarakat pinggiran, tapi saya dan teman-teman juga punya harapan untuk masa depan Pacitan yang lebih baik,” pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca