Pedagang Bakso Datangi MUI Jabar untuk Sertifikasi Halal

Ekonomi Syariah  SABTU, 07 MARET 2020 | 09:05 WIB | Sunarya Sultan

Pedagang Bakso Datangi MUI Jabar untuk Sertifikasi Halal

Foto/net

Moeslimchoice | Kantor MUI Jawa Barat terlihat didatangi sejumlah pedagang bakso yang tergabung pada Paguyuban Pedagang Mi Ayam dan Bakso Indonesia (Papmiso) untuk mendapat sertifikat halal. Para pedagang bakso tersebut mengaku khawatir dan geram lantaran banyak berita hoaks tentang bakso bertebaran di media sosial.

Hal tersebut dapat mengancam keberlangsungan usaha mereka.

Untuk itu, Wakil Ketua Papmiso DPK Bekasi Kota Widodo mengimbau agar para pedagang bakso dan mi ayam segera membuat sertifikat halal.

“Ini untuk mengantisipasi agar jangan sampai terjadi hoaks yang menimpa anggota Papmiso Bekasi Kota khususnya dan anggota Papmiso di seluruh Indonesia,” tutur dia yang juga pemilik Bakso Kumis Permai itu, Jumat (6/3/2020).

Sejatinya, kepemilikan sertifikat halal dari LPPOM MUI Jabar itu dapat menangkis hoaks terhadap bakso dan membuat masyarakat tenang.

Sementara itu, Sekjen DPN Papmiso Indonesia Bambang Hariyanto menyebutkan, berdasarkan UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, sertifikat halal yang pada awalnya bersifat sukarela menjadi bersifat wajib.

“Itu sesuai dengan Pasal 4, produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal,” tukas dia.

“Karena negara memberlakukan secara wajib, maka seharusnya menjadi kewajiban dan konsekuensi bagi negara untuk memudahkan kepengurusan sertifikat halal dengan memberikan kemudahan dan keringanan biaya bagi pelaku usaha UMKM,” katanya.

Akan tetapi, Bambang melanjutkan, pada kenyataannya proses mengurus sertifikat halal pajang dan lama karena harus terdaftar terlebih dahulu di BPJPH Kanwil Kemenag, baru memohon fatwa LPPOM MUI di provinsi.

“Ini bukan hanya butuh proses yang panjang dan lama, tetapi juga berpotensi menambah biaya. Untuk itu kami memohon pemerintah melakukan kajian ulang dan pengawasan yang ketat agar tidak terjadi potensi korupsi,” tegas Bambang. [nry]


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Perahu KN 3 SAUDARA Terhempas Ombak, 1 Orang Nelayan MD