Niat Pemkab Menyulap Hotel Pacitan Jadi Gedung Perpustakaan

Daerah  KAMIS, 05 MARET 2020 | 12:40 WIB

Niat Pemkab Menyulap Hotel Pacitan Jadi Gedung Perpustakaan

Pembersihan lahan bekas bangunan tua Hotel Pacitan

MoeslimChoice | Belum banyak yang tahu, mau jadi apa nantinya bangunan bekas Hotel Pacitan, yang terletak di Jalan Ahmad Yani, sebelah timur Gedung Gasibu Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Banyak yang bilang, lokasi itu akan dibuat jadi lahan parkir untuk Gedung Gasibu.

Usut punya usut, bekas bangunan tua di jantung Kota Pacitan itu direncanakan untuk disulap menjadi Gedung Perpustakaan Daerah yang baru.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan, Cipto Yuwono, menjelaskan, di atas lahan tersebut memang akan dibangun Gedung Perpustakaan Daerah yang baru dengan fasilitas lebih lengkap.

“Ke depan, kita akan mendirikan bangunan setinggi dua lantai, di atas lahan seluas 15 x 30 meter. Bangunan itu nantinya akan memiliki fasilitas lebih lengkap lagi dari gedung yang sudah ada sekarang,” katanya kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Kamis (5/3/2020).

Nantinya, lanjut Cipto, kelengkapan di gedung baru itu akan mendorong semangat anak-anak, remaja, juga warga dewasa, untuk mengunjungi perpustakaan.

“Bangunan setinggi dua lantai itu nantinya akan dibagi-bagi ke dalam berbagai fungsi yang berbeda. Lantai bawah untuk anak-anak, sarana bermain, dan mendongeng. Sementara lantai atas untuk para remaja dan dewasa. Kita juga nanti akan membuat ruang pertemuan di sana,” katanya.

Anggaran pembangunannya cukup besar. Jadi, menurutnya, akan lebih istimewa dalam penataan dan fasilitas. Selain ruang mendongeng, gedung baru itu pun rencananya akan dilengkapi juga dengan ruang audio visual.

“Anggaran yang kita butuhkan sekitar Rp 3,2 miliar. Anggaran ini dari DAK (Dana Alokasi Khusus), dan pengerjaannya akan dimulai bulan April mendatang,” tambahnya.

Ditanya soal urgensitas dari penambahan bangunan baru di sebelah timur Gedung Gasibu ini, Cipto Yuwono beralasan karena ruangan-ruangan di bangunan yang lama sudah tidak mencukupi lagi.

“Memang benar, alasan kita menambah gedung, karena di kantor (lama) ini ruangannya kurang mencukupi. Sedangkan kita butuh banyak sekali penataan supaya bisa lebih bagus lagi,” katanya.

Apalagi, Cipto menambahkan, saat ini minat pengunjung dan pembaca ke Perpustakaan Daerah Pacitan sudah semakin meningkat. [yhr]


Komentar Pembaca
Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Kamis, 09 Juli 2020 | 22:25

Muslimah Inggris Dinobatkan Sebagai Dokter Terbaik
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30