Jadi Kumuh, Pembeli Keluhkan Atap Bocor Pasar Minulyo Pacitan

Daerah  RABU, 04 MARET 2020 | 11:35 WIB

Jadi Kumuh, Pembeli Keluhkan Atap Bocor Pasar Minulyo Pacitan

Kondisi Pasar Tradisional Minulyo yang kotor dan licin

MoeslimChoice | Setiap kali turun hujan, Pasar Tradisional Minulyo, Pacitan, Jawa Timur, yang sebetulnya termasuk salah satu proyek percontohan, kini terkesan kumuh akibat kebocoran atap.

Kucuran air dari atap-atap yang bocor itu menyebabkan genangan yang bikin becek dan kotor di mana-mana, sekaligus menciptakan rasa tidak nyaman bagi para pengunjung.

Sejumlah pembeli, terutama kalangan ibu-ibu, mengeluhkan kondisi itu. Beberapa di antaranya bahkan mulai sentil sana sentil sini, membuat Pasar Minulyo seolah jadi panggung politik.

Sukarti (40), salah satu pengunjung Pasar Tradisional Minulyo, mencurahkan kegalauannya. Menurut dia, dari luar, pasar itu tampak indah dan bersih. Tapi, begitu masuk, suasananya berubah 180 derajat.

“Ini sudah tidak biasa. Sebelumnya, kalaupun hujan, tidak jadi sekumuh ini. Menurut saya, ini karena faktor atap bocor. Jadi, air hujan masuk ke area jual-beli. Ya, itulah yang akhirnya bikin kumuh,” kata Sukarti kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Rabu (4/3/2020).

Saat ini, para pengguna Pasar Tradisional Minulyo, baik pembeli maupun pedagang, hanya bisa berharap pihak Pemerintah Kabupaten Pacitan, khususnya Dinas Perdagangan, segera melakukan perbaikan, demi melahirkan kembali kenyamanan di sana.

Terpisah, salah satu pedagang sayuran pun menyampaikan pandangannya. Menurutnya, selain kumuh, atap bocor itu juga membuat pasar jadi licin dan bisa membahayakan.

“Kondisinya sekarang ini, kalau hujan langsung sangat kotor dan licin. Banyak atap yang bocor. Tidak sedikit pembeli yang terpeleset hingga nyaris jatuh,” katanya.

Dia mengaku sudah sering menyampaikan laporan tentang hal itu kepada para petugas di pasar tersebut. Tindakan juga beberapa kali terlihat dilakukan secara cepat. Tapi ternyata tidak sampai tuntas, karena faktanya masih saja banyak yang bocor.

“Ya, kita sih cuma bisa melaporkan kejadian ini kepada pengelola, supaya ada perbaikan, demi keamanan dan kenyamanan saat berjualan. Kasihan dong kalau sampai ada yang jatuh,” pungkasnya. [yhr]


Komentar Pembaca
Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Jk Sebut Masjid Sebagai Pusat Peradaban

Kamis, 09 Juli 2020 | 22:25

Muslimah Inggris Dinobatkan Sebagai Dokter Terbaik
New Normal New Ideas

New Normal New Ideas

Minggu, 05 Juli 2020 | 02:30