Musda Golkar Sumut dan Riau Jadi Perkara Mahkamah Partai

Polhukam  RABU, 04 MARET 2020 | 09:40 WIB | Warni Arwindi

Musda Golkar Sumut dan Riau Jadi Perkara Mahkamah Partai

MoeslimChoice | Mahkamah Partai Golkar yang baru dilantik oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto beberapa hari lalu sudah mulai sibuk menangani sengketa internal partainya. Paling tidak, mahkamah ini akan menyidangkan sengketa terkait Musyawarah Daerah yang memilih Ketua DPD I tingkat provinsi di Sumatea Utara dan Riau.

Di Sumatera Utara, Musda X Partai Golkar di Hotel JW Marriott, Medan yang memilih Ahmad Yasir Ridho Loebis sebagai Ketua DPD I Golkar Sumut periode 2020-2025, digugat keabsahannya. Pemohonnya M Hanafiah Harahap SH dkk, melawan termohon Plt Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Panitia Musda X Partai Golkar Sumut, dan Wakil Sekjen DPP Partai Golar, Mustafa M Radja, sebagai termohon I, II dan III.

“Sidang akan digelar di Ruang Mahkamah Partai Golkar Jalan Anggrek Neliy Murni XI A, Slipi, Jakarta Barat. Dengan agenda pemeriksaan pendahuluan. Para termohon diwajibkan hadir, bila tidak hadir, majelis hakim akan tetap melanjutkan pemeriksaan perkara.”

Demikian bunyi surat undangan persidangan yang diagendakan pada Kamis, 5/3/20, ditandatangani Panitera Mahkamah Partai Golkar, Irwan SH MH. Surat bertanggal 2 Maret 2020 tersebut ditujukan langsung kepada Plt Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Ahmad Doli Kurnia Tanjung dengan nomor: 01/PAN-MPG/III/2020.

Surat undangan persidangan yang sama juga dikirim Panitera Mahkamah Partai Golkar kepada pihak termohon, M Hanafiah Harahap SH dkk. Saat dikonfimasi metro24.co, M Hanafiah Harahap membenarkan surat panggilan sidang tersebut. “Benar, ini panggilan sidang untuk kami sebagai pemohon,” ujar Hanafiah yang juga Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Selasa, 3/3/20.

Sedangkan di Riau, Musda Partai Golkar yang dijadwalkan pada Minggu, 1 Maret 2020 tertunda lantaran sengketa di Mahkamah Partai. Sengketa di Riau menyangkut berbagai permasalahan termasuk belum tuntasnya soal peserta Musda di tiga daerah meliputi DPD Golkar Siak-DPD Golkar Dumai dan DPD Golkar Rokan Hilir.

Ketua Pengurus Pusat Sumatra 1-DPP Partai Golkar, Idris Laena berpegang pada Mahkamah Partai Golkar berdasarkan Surat No. :B 01/MP-GOLKAR/II/2020 tertanggal 28 Feruari 2020,tentang Salinan Penetapan Mahkamah Partai dan Penundaan Musda DPD Partai Golkar Provinsi Riau.

"Atas Dasar itu, DPP Partai Golkar meminta Pelaksanaan Musda Golkar RIAU ditunda sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian," kata Idris Laena.

Menurut dia, pada hakekatnya musyawarah daerah adalah forum untuk bermusyawarah yang bertujuan untuk menghasilkan keputusan-keputusan yang terbaik untuk Partai. Namun jika soal peserta saja masih bermasalah atau belum tuntas, tentunya musda belum dapat dilaksanakan.


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Perahu KN 3 SAUDARA Terhempas Ombak, 1 Orang Nelayan MD