Kepala Dinas Kesehatan: Tidak Ada Pasien Corona Di Jakarta

Nasional  SABTU, 29 FEBRUARI 2020 | 16:00 WIB | RMOL

Kepala Dinas Kesehatan: Tidak Ada Pasien Corona Di Jakarta

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti/Net

MoeslimChoice | Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menegaskan bahwa menurut hasil tes laboratorium, tidak ada pasien penderita COVID-19 atau virus corona di ibukota.

Mengenai beredarnya informasi melalui penyebaran foto dari salah satu slide dalam paparan Dinkes DKI Jakarta tentang 'Kewaspadaan Corona Virus Disease 2019 di DKI Jakarta', dapat dipastikan tidak benar.

Gambar dan penjelasan yang tersebar di media sosial tersebut tidak menjelaskan secara benar dan utuh isi paparan.

"Pada slide tersebut yang dimaksudkan dengan 'kasus COVID-19' adalah menunjukkan pasien dengan dugaan awal COVID-19, karena memiliki gejala dan riwayat perjalanan dari negara terjangkit," ungkap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti melalui keterangannya, Sabtu, 29/2/20.

"Namun pemeriksaan sampel di Litbangkes Kementerian Kesehatan RI menunjukkan hasil negatif COVID-19 di DKI Jakarta," sambungnya.

Lebih lanjut, hingga saat ini terdapat 115 orang dalam pemantauan dan 32 pasien dalam pengawasan berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan tersebut berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi (PE), tersebar di lima wilayah Kota Administrasi di DKI Jakarta dan luar DKI Jakarta.

Widyastuti menegaskan Dinkes DKI Jakarta terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan instansi terkait dalam melaksanakan pengawasan dan pemantauan.

"Kami berharap agar masyarakat tak perlu cemas dan tidak mudah percaya dengan beredarnya pemberitaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Masyarakat perlu cross check lagi untuk memastikan kebenaran setiap informasi yang diterima," lanjut Widyastuti.

Bagi masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut terkait COVID-19 dapat menghubungi Call Center Dinas Kesehatan DKI Jakarta di nomor 081388376955. (wrn)


Komentar Pembaca