Kemlu Pertanyakan Indonesia Masuk Daftar Corona Versi Saudi

Internasional  JUMAT, 28 FEBRUARI 2020 | 08:25 WIB | RMOL

Kemlu Pertanyakan Indonesia Masuk Daftar Corona Versi Saudi

MoeslimChoice | Klaim pemerintah yang selama ini menyebut Indonesia bebas virus corona baru (Covid-19) ternyata tak menyurutkan pemerintah Arab Saudi melarang jamaah umrah dari Indonesia. Indonesia bahkan masuk sebagai satu di antara 23 negara yang dianggap terjangkit Covid-19.

Daftar keluaran Arab Saudi itu menuai protes dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu RI). Menlu Retno Marsudi bahkan mengaku sudah berkirim surat kepada pemerintah Arab Saudi.

"Saya sampaikan kepada Dutabesar Saudi dan dubes yang ada di Riyadh sudah mengirim surat juga. Ada 23 negara, salah satunya Indonesia. Kenapa Indonesia? Karena Indonesia itu kan belum (terjangkit corona)," kata Menlu Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis, 27/2/20.

Sebelumnya, Saudi mengeluarkan daftar 23 negara yang diklaim terjangkit corona: China, China Taipei, Hong Kong, Iran, Italia, Korea (Rep), Makau, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India. Kemudian Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam.

Berbarengan dengan itu, Saudi juga menutup pintu bagi kegiatan ibadah umrah bagi warga asing di Makkah dan ziarah ke Masjid Nabawi di Madinah. Belum jelas kapan bisa aktif lagi.


Komentar Pembaca