Kemenag Minta Jamaah Umrah Sabar Tunggu Izin Umrah Buka Lagi

Kabar Tanah Suci  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 | 11:49 WIB | Warni Arwindi

Kemenag Minta Jamaah Umrah Sabar Tunggu Izin Umrah Buka Lagi

MoeslimChoice | Kementerian Agama menyatakan akan menghormati keputusan Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jamaah umrah untuk mencegah penyebaran virus corona. Staf Khusus Menteri Agama Ubaidilah Amin Moch mengatakan Kementerian Agama telah membicarakan penghentian sementara jemaah umrah dari Indonesia dengan pihak Arab Saudi.

Terkait masalah imigrasi, Ubaidilah mengungkapkan pengajuan visa umrah ke Saudi maupun visa lainnya seperti wisata ziarah ke Masjid Nabawi dihentikan mulai hari ini. "Selanjutnya kami menunggu info lanjutan dari Saudi. Hendaknya para jamaah umrah bersabar sambil menunggu Kerajaan Saudi membuka kembali negerinya untuk jamaah umrah," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Saudi menyatakan, "menangguhkan masuk ke Kerajaan untuk tujuan Umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi sementara waktu." Demikian pernyataan itu dikemukakan pula di akun resmi Kemenlu Saudi

Sedangkan Kemenag sudah menugasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh mengerahkan jajarannya untuk ke bandara, "Sebagai antisipasi banyak jamaah yang hold (tertahan) di sana," kata Ubaidilah dalam keterangan tertulis, Kamis, 27 Februari 2020.

Menurut dia, sejauh ini jadwal terbang jamaah umrah mencakup maskapai Garuda, Saudia, Citilink, dan Lion. Meski hingga hari ini masih terjadwal, para maskapai penerbangan itu tentu saja harus mengantisipasi putusan Saudi

Selanjutnya Kmenterian Agama juga mengkomunikasikan keputusan Saudi ini kepada para pengelola biro perjalanan umrah. “Kami meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk pro aktif mengelola informasi kepada para jemaahnya,” sambung Ubaidilah.

Terkait masalah imigrasi, Ubaidilah mengungkapkan pengajuan visa umrah maupun visa lainnya ke Saudi dihentikan mulai hari ini. "Selanjutnya kami menunggu info lanjutan dari Saudi. Hendaknya para jamaah umrah bersabar sambil menunggu Kerajaan Saudi membuka kembali negerinya untuk jamaah umrah," kata dia.




Komentar Pembaca