Pakistan Umumkan Dua Temuan Kasus Virus Corona

Menteri Kesehatan: Jangan Panik, 97 Persen Sembuh

Internasional  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 | 13:00 WIB | RMOL Group

Menteri Kesehatan: Jangan Panik, 97 Persen Sembuh

Foto/net

Moeslimchoice | Pemerintah Pakistan  mengumumkan temuan dua kasus pertama infeksi virus corona Covid-19. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Kesehatan Pakistan Zafar Mirza.

"Saya dapat mengonfirmasi dua kasus virus corona di Pakistan. Keduanya dirawat berdasarkan protokol standar klinis dan keduanya dalam kondisi stabil. Tidak perlu panik, semuanya di bawah kendali," kata Zafar Mirza melalui kicauan di Twitter @zfrmrza.

Mirza juga mengatakan kasus kedua berada di wilayah federal yang pada umumnya mengacu pada ibu kota Islamabad.

Namun begitu, ia menegaskan agar masyarakat tidak perlu panik.

“Tidak perlu panik tentang #Coronavirus, tetapi hati-hati dan bertindak secara bertanggung jawab! Ingat, 97 persen kasus Coronavirus pulih sepenuhnya. Silakan bagikan secara luas pesan ini!” tulisnya, Kamis (27/2/2020).

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Sindh mengumumkan kasus positif corona pertama di Karachi adalah seorang pria berusia 22 tahun. Ia diketahui memiliki riwayat perjalan ke Iran baru-baru ini.

Pakistan mulai merasa cemas. Tetangga mereka, Iran, kini menjadi episentrum wabah baru di luar China, dengan 139 kasus dan 19 kematian.

Afghanistan yang juga berbatasan langsung dengan Pakistan turut melaporkan kasus pertama virus corona. Pakistan mulai dikelilingi negara-negara dengan kasus virus corona yang tinggi.

Mereka pun mempertanyakan kesiapan pemerintah dalam menghadapi wabah virus corona, sementara negara tengah menghadapi berbagai krisis dalam negeri, kondisi perbatasan yang rapuh, rumah sakit yang tua, dan populasi buta huruf yang tinggi.

"Kami telah memutuskan untuk menutup seluruh institusi pendidikan pemerintah maupun swasta dengan dasar keamanan," kata Kepala Dinas Pendidikan Balochistan, Sardar Yar Muhammad Rind, melansir RFI.

Sebelum mengumumkan kasus virus corona pertama, Pakistan pada pekan ini telah mengarantina setidaknya 270 orang dekat perbatasan Iran setelah sekelompok peziarah kembali dari negara Islam itu dan bercampur di antara masyarakat. [nry]


Komentar Pembaca