Brasil Jadi Negara Amerika Latin Pertama yang Terpapar Corona

Internasional  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 | 11:05 WIB | RMOL Group

Brasil Jadi Negara Amerika Latin Pertama yang Terpapar Corona

Foto/net

Moeslimchoice | Brasil jadi negara Amerika Latin pertama yang terpapar virus corona (Covid-19) setelah Kementerian Kesehatannya mengonfirmasi satu kasus pada Rabu (26/2/2020).

Seorang pria 61 tahun dinyatakan positif terinfeksi corona setelah dirawat di Rumah Sakit Albert Einstein, San Paulo. Ia sebelumnya melakukan perjalanan ke Lombardy, Italia pada 9 hingga 21 Februari.

Pria itu dinyatakan positif setelah melakukan tes PCR pada Senin (24/2/2020). Dalam keterangan rumah sakit, pihaknya langsung memberikan pemberitahuan kepada badan epidemiologi negara bagian tersebut pada Selasa (25/2/2020).

"Dia tetap dalam keadaan yang baik dan akan dimonitor dalam isolasi selama 14 hari ke depan," kata rumah sakit seperti dimuat Channel News Asia.

Sementara itu, agen sanitasi Brasil, Anvisa, menyatakan telah meminta daftar penumpang pada penerbangan yang sama dengan pria tersebut. Menteri Kesehatan Luiz Henrique Mandetta mengatakan, pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mengaasi wabah sebelum menyerang Brasil.

Sehingga, meski itu adalah kasus pertama, pemerintah sebarnya telah melacak berbagai dugaan kasus ketika para pelancong kembali dari Asia dan Eropa.

Seorang suspect corona terakhir muncul di negara bagian Pernambuco. Ia adalah wanita 51 tahun yang baru tiba dari Italia dengan gejala flu ringan.

Sementara itu, secara global, wabah yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China ini sudah menginfeksi lebih dari 80 ribu orang dengan lebih dari 2.700 orang meninggal dunia. [nry]


Komentar Pembaca