Pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam Masuk Tahap Grounbreaking

Nasional  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 | 04:40 WIB

Pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam Masuk Tahap Grounbreaking

Jusuf Kalla dan Anies Baswedan hadiri grounbreaking Museum Sejarah Nabi Peradaban Islam dan

Moeslimchoice | Alhamdulillah, rencana pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam yang berlokasi di Pantai Ancol Timur, Jakarta Utara, akhirnya mamasuki tahap grounbreaking atau peletakan batu pertama. Dibangunnya museum ini sebagai bukti atas kepercayan Liga Dunia Islam terhadap Indonesia.  

MC Award 2

"Kita semua bersyukur bahwa Indonesia menjadi tuan rumah. Dan kita lebih bersyukur lagi, ketika Jakarta menjadi tuan rumah dari museum ini. Bagi kami di Jakarta ini sebuah keberkahan tersendiri," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mendapatkan kehormatan untuk menyampaikan sambutan selamat datang, saat groundbreaking museum tersebut, Rabu (26/2/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan mengapa kawasan utara Jakarta dipilih untuk lokasi museum, salah satunya atas dasar kesejarahan.

Kawasan Jakarta Utara yang notabene daerah pesisir, merupakan gerbang masuknya Islam ke tanah Jakarta. Maka bukan hal yang aneh, jika di kawasan ini memiliki banyak mesjid dengan usianya yang ratusan tahun.

Anies berharap dengan adanya museum ini menjadi tempat kedatangan masyarakat, bukan saja dari Indonesia tapi juga dari kawasan Asia Tenggara.

Karena itu, pemilihan lokasi yang kebetulan juga dengan dekat akses bandara, menjadi kemudahan masyarakat dalam mengunjungi museum nabi ini.

"Kita berharap bahwa museum ini nantinya menjadi tempat untuk mendekatkan kepada sifat-sifat Rasulullah; Sidiq, Fathonah, Amanah, Tabliq, itu semua kita harap nantinya muncul dair tempat ini," terang Anies.

Selain itu, Anies mengharapkan pembangunan akan bisa selesai sesuai jadwal yang direncanakan yakni dalam 18 bulan. Bahkan bila memungkinkan, Anies meminta pembangunan bisa dipercepat.

"Jadi InsyaAllah tahun depan, pertengahan tahun sudah kita saksikan hasilnya," ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Mantan Wakil Presiden RI; Jusuf Kalla, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Sofyan Djalil, Majelis Ulama Indonesia, Duta besar negara sahabat serta ketua Ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. [fah]


Komentar Pembaca