Perusahaan yang Telah Beroperasi Setahun Wajib Membayar Zakat

Ekonomi Syariah  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 | 00:25 WIB | Natasha

Perusahaan yang Telah Beroperasi Setahun Wajib Membayar Zakat

Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Arifin Purwakananta/nat

Moeslimchoice | Dalam aturan fikih Islam, perusahaan atau badan usaha dinyatakan memiliki kewajiban membayar zakat.  Salah satu yang mendasarinya adalah hadist riwayat Bukhori dari Anas bin Malik, yang menceritakan tentang pesan Abu Bakar terkait zakat binatang ternak yang didalamnya ada unsur syirkah.

Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Arifin Purwakananta menyebutkan zakat merupakan kewajiban perusahaan-perusahaan berbasis syariah yang telah mencapai nishob-nya selama setahun.

"Perusahaan seperti perbankan, asuransi atau badan usaha lainnya,  jika telah berlangsung selama setahun maka diwajibkan berzakat atas uang maupun barang yang dimiliki setelah dikurangi atas utang yang dimiliki," kata Arifin saat menjadi keynote speaker pada Seminar Nasional Zakat Perusahaan di Grand Sahid Jaya Jakarta,  Rabu (26/2/2020).

Ia menjelaskan, terkait pembayaran kewajiban zakat ini, ada dua cara penghitungan.

"Yang pertama adalah dengan mengalikan 2,5 persen dari hasil pengurangan aset lancar dengan hutang jangka pendek," urainya.

Tapi, yang seringkali dilakukan adalah cara yang kedua, yaitu dengan mengeluarkan 2,5 persen dari laba perusahaan.

Untuk memfasilitasi kebutuhan penyaluran zakat dari perusahaan, Arifin menyebutkan, bahwa BAZNAS sudah mempersiapkan layanan konsultasi dan pelayanan zakat perusahaan.

"Dari salah satu kerjasama BAZNAS dengan IPB pada tahun 2011, kita perkirakan potensi zakat itu Rp217 triliun. Dan sekitar Rp111 triliun itu potensinya ada di perusahaan atau badan usaha. Karena itu kami, BAZNAS berupaya un memberikan pelayanan terkait masalah zakat ini," ujarnya.

Tujuannya dari pelayanan ini, selain memudahkan perusahaan untuk melakukan pembayaran zakat, menurut Arifin, lebih kepada tujuan kebaikan sesama.

"Agar semakin banyak yang menjalankan perintah zakat, yang akhirnya akan membawa kebaikan dan kebermanfaatan bagi negara ini," pungkasnya. [fah]


Komentar Pembaca