Jaga Performance, Tahun Ini Perbankan Syariah Bakal Lebih Hati-Hati Salurkan Pembiayaan

Ekonomi Syariah  RABU, 26 FEBRUARI 2020 | 20:25 WIB

Jaga Performance, Tahun Ini Perbankan Syariah Bakal Lebih Hati-Hati Salurkan Pembiayaan

Literasi Keuangan Syariah Goes to Campuss di Universitas Trilogi, Kalibata/fah

Moeslimchoice | Inklusi keuangan syariah beberapa tahun terakhir ini mengalami penurunan. Kondisi tersebut kemungkinan akan berlanjut tahun ini. Salah satu penyebabnya, karena lembaga keuangan syariah ingin menjaga  kualitas kualitas dan portofolio pembiayaan.
 
"Beberapa tahun terakhir ini kita memang  agak sedikit hati-hati dan mengerem pembiayaan, untuk menghindari  pembiayaan bermasalah," kata Pemimpin Divisi Perencanaan Strategis BNI Syariah, Misbahul Munir, disela-sela acara Literasi Keuangan Syariah Goes to Campuss di Universitas Trilogi, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/2/2020).

Sudah jadi rahasia umum, tambahnya, pembiayaan yang masuk ke lembaga keuangan syariah seperti bank umum syariah (BUS) dan unit usaha syariah (UUS), rata-rata adalah mereka yang ditolak oleh perbankan konvensional. Jadi mereka memang beresiko besar untuk gagal bayar.
 
"Sedangkan kemampuan pembiayaan lembaga keuangan syariah masih sangat terbatas. Jadi jika ada masalah sedikit saja mereka akan ‘batuk-batuk’," ungkap MIsbahul Munir.

Sedangkan terkait dana pihak ketiga, diakuinya saat ini banyak DPK  ingin masuk ke lembaga keuangan syariah (BUS dan UUS). Tapi DPK yang ditawarakan didominasi oleh dana mahal. Jika dipaksa diambil tentu akan berisiko juga.

“Dana pihak ketiga yang mahal dapat dan tidak tersalurkan tentu akan menguras profitablitas lembaga keuangan syariah,” ungkapnya.

"Langkah yang diambil tentu juga untuk performance lembaga keuangan syariah yang sejauh ini sudah baik," tambahnya.

Namun demikian, ia optimis tahun ini pertumuhan disektor  perbankan syariah bisa mencapai 15 persen, naik dari tahun lalu yang hanya sekitar sekitar 13 persen.
 
"Pertumbuhan ini didorong masuknya sukuk syariah negara ke perbankan syariah," tandasnya. [fah]


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Perahu KN 3 SAUDARA Terhempas Ombak, 1 Orang Nelayan MD