Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan Ekstrem, BNPB Minta Masyarakat Waspada

Berita  SENIN, 24 FEBRUARI 2020 | 01:10 WIB

Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan Ekstrem, BNPB Minta Masyarakat Waspada

Foto Ilustrasi/net

Moeslimchoice | Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) yang tinggal di lokasi rawan banjir agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi hujan ekstrem selama beberapa jam ke depan.

MC Award 2

Peringatan tersebut disampaikan menyusul informasi peringatan dini yang dikeluarkan BMKG yang menyatakan bahwa hujan ekstrim akan mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai pukul 01.00-04.00 WIB pada 24 Februari 2020.

Berdasarkan informasi yang disebarkan BNPB melalui media sosial (Medsos) setidaknya, beberapa wilayah yang termonitor berpotensi terdampak hujan yakni wilayah Jakarta Timur meliputi Cakung, Jatinegara, Matraman, Pulogadung.

Jakarta Pusat meliputi Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang.

Kemudian Jakarta Barat meliputi Grogol Petamburan, Palmerah, Tamansari, Tambora. Jakarta Utara meliputi Pademangan, Penjaringan, Tanjungpriok. Jakarta Selatan meliputi Tebet, dan sekitarnya.

Kemudian Kabupaten Bogor dengan rincian Cigudeg, Jasinga, Leuwisadeng, Nanggung, Sukajaya, Kota Tangerang meliputi Jati Uwung, Karawaci, Periuk,  dan Kabupaten Tangerang meliputi Pasar Kemis, Rajeg, dan Sindangjaya.

Dari prediksi BMKG, potensi hujan tersebut akan meluas ke beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan beberapa wilayah di Jakarta.

Untuk mengetahui informasi cuaca terkini, masyarakat bisa mengakses informasi dari institusi resmi BMKG maupun informasi kesiapsiagaan dari BNPB dan BPBD, seperti InaRISK.

Di samping itu, warga juga perlu untuk memperhatikan pengumuman dan pengarahan dari aparatur di tingkat RT, RW dan kelurahan. [fah]


Komentar Pembaca