SBY Pulang Kampung ke Pacitan

Nasional  SABTU, 22 FEBRUARI 2020 | 12:10 WIB

SBY Pulang Kampung ke Pacitan

SBY di GOR Pacitan (kiri), acara ground breaking Museum dan Galeri Seni SBY-Ani (kanan)

MoeslimChoice | Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), selama empat hari ini, Kamis (20/2/2020) hingga Minggu (22/2/2020), pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Tapi, kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat itu sama sekali jauh dari kegiatan politik. Putra terbaik dari Kota 1001 Gua ini berkunjung untuk menghadiri acara ground breaking Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di sana, sekaligus membuka acara Jalan Sehat HUT Pacitan ke-275 dan Invitasi Bolavoli SBY Cup.

Dalam rombongan SBY itu, terdapat kedua putranya, Agus Harimurti Yodhoyono (AHY) dan Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas), bersama istri dan anaknya masing-masing.

Ada juga Andi Mallarangeng, Andi Arief, Ferdinan Hutahaean, dan Asisten Pribadinya, Ossy Dermawan. Bahkan, Wakil Presiden RI ke-11, Boediono, terlihat turut hadir di acara tersebut.

Disebutkan, pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan ini merupakan apresiasi terhadap SBY, yang —notabene— merupakan “putra daerah”, berkat keberhasilannya menorehkan berbagai prestasi di bidang perdamaian (peace), keadilan (justice), dan demokrasi (democracy), baik dalam skala nasional maupun internasional.

“Museum ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana Presiden SBY memimpin bangsa, melaksanakan pemerintahan, serta mengatasi krisis dan tantangan dalam 10 tahun masa jabatannya. Museum ini juga akan melestarikan pandangan dan nilai-niai perjuangan SBY dalam memperkukuh karakter dan jatidiri bangsa,” kata Ossy Dermawan, Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-Ani, dalam keterangan tertulisnya kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Sabtu (22/2/2020).

Menurut Ossy, museum ini didesain untuk memberikan lingkungan yang nyaman bagi masyarakat, serta nuansa yang mendidik dan menghibur (educative and entertaining), sehingga akan menjadi satu pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan pada setiap pengunjungnya.

Sedangkan Galeri Seni Ani Yudhoyono, lanjut Ossy, akan diisi berbagai karya seni, seperti lukisan, patung, kain batik, kerajinan tangan, dan benda-benda seni lainnya.

Diketahui, SBY dan almarhumah Ani Yudhoyono sangat mencintai seni budaya Indonesia. Selama mendampingi SBY, Ani Yudhoyono telah mengoleksi sekitar sepuluh ribu karya seni, baik yang diperolehnya di dalam negeri maupun saat kunjungan kenegaraan ke luar negeri.

“Museum ini akan dikelola oleh yayasan non-profit. Harapannya, museum ini bisa dinikmati publik mulai 2022 atau 2023 nanti. Kami mohon dukungan dan doa restu dari seluruh rakyat Indonesia agar rencana pembangunan museum dan galeri seni ini dapat berjalan dengan baik,” pungkas Ossy.

 

Data Kegiatan SBY di Pacitan

Kamis, 20 Februari 2020

  • Pukul 14.15 WIB — SBY beserta rombongan tiba di Hotel Parai Beach dan Resort Teleng Ria Pacitan, disambut oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pacitan, antara lain Bupati Indartato, Wabup Yudi Sumbogo, Letkol Inf Nuri Wahyudi (Dandim 0801 Pacitan), Noer Adi (Kajari Pacitan), AKBP Didik Hariyanto (Kapolres Pacitan), dan Indrata Nur Bayu Aji (Ketua DPRD Pacitan);
  • Pukul 14.22 WIB — SBY beserta rombongan memasuki ruangan transit di Hotel Parai Beach dan Resort Teleng Ria Pacitan;
  • Pukul 16.15 WIB — SBY beserta rombongan meninggalkan Hotel Parai Beach menuju GOR Pacitan di Lingkungan Tamperan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan;
  • Pukul 16.19 WIB — SBY beserta rombongan tiba di GOR Pacitan, selanjutnya meninjau latihan tim bolavoli Lavani Cikeas serta kesiapan Invitasi Bolavoli SBY Cup;
  • Pukul 18.13 WIB — SBY beserta rombongan meninggalkan GOR Pacitan, kembali ke Hotel Parai Beach dan Resort Teleng Ria Pacitan;
  • Pukul 18.18 WIB — SBY beserta rombongan tiba di Hotel Parai Beach dan Resort Teleng Ria Pacitan, selanjutnya beristirahat.

Jumat, 21 Februari 2020

  • Pukul 06.00 WIB — SBY beserta rombongan membuka sekaligus mengikuti kegiatan Jalan Sehat dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke-275 di Alun-alun Kabupaten Pacitan;
  • Pukul 11.30 WIB — SBY beserta rombongan melaksanakan ibadah Shalat Jumat;
  • Pukul 14.00 WIB — SBY beserta rombongan mengikuti acara pembukaan Invitasi Bolavoli SBY Cup di GOR Pacitan, dilanjutkan menyaksikan pertandingan.

Sabtu, 22 Februari 2020

  • SBY beserta rombongan mengikuti acara ground breaking Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan.

[yhr]


Komentar Pembaca