Untuk Aksi Bersih-bersih Yang Satu Ini Gubernur Langsung Setuju

Tentang Sumsel  KAMIS, 20 FEBRUARI 2020 | 16:14 WIB | Rahmad Romli

Untuk Aksi Bersih-bersih Yang Satu Ini Gubernur Langsung Setuju

MOESLIMCHOICE. Tidak ada keraguan dari Gubernur Herman Deru (HD) saat menerima tim aksi bersih-bersih yang datang menghadap dia.

MC Award 2

"Iya saya dukung kegiatan bersih-bersih Gunung Dempo ini. Terlebih beberapa waktu lalu, ada ancaman binatang buas yang terjadi di sana. Melalui kegiatan ini bisa membantu tingkat kunjungan wisata ke kota Pagaralam. Sebagai bentuk kepedulian kita untuk menjaga kelestarian alam", ucapnya saat menerima Wakil Ketua Panitia kegiatan bersih - bersih gunung Dempo, Robet H. Lembong dari Kerabat Pecinta Alam, di ruang tamu Gubernur, Selasa lalu.

Selama ini, dijelaskan HD penyelesaian ancaman binatang buas memakan waktu berbulan-bulan sehingga berimbas pada turunnya jumlah kunjungan wisatawan ke kota Pagaralam, bahkan menimbulkan efek psikologis bagi masyarakat.

"Pemprov Sumsel akan mengajak serta pemerintah kota Pagaralam, pemerintah kabupaten Lahat, dan Muara Enim untuk turut serta dalam kegiatan ini. Pagaralam bukan hanya milik masyarakat Pagaralam saja, tapi milik Sumsel. Kita akan libatkan Walhi Sumsel, pelajar, dan pramuka.Saya yakin dengan kegiatan itu akan memunculkan rasa memiliki dari masyarakat", tandasnya.

Gunung Dempo tidak saja merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat yang bergerak dalam sektor pertanian dan perkebunan saja. HD mengungkapkan gunung Dempo pun menjadi sumber nafkah bagi mereka yang benar-benar mengandalkan mata pencahariannya dari wisata gunung Dempo.

"Saya usulkan juga kepada Kerabat Pecinta Alam agar kegiatan bersih-bersih gunung Dempo dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi kota Pagaralam pada bulan Juni mendatang. Nanti bersamaan dengan itu kita akan canangkan kota Pagaralam sebagai kota yang 100 persen listriknya menggunakan energi terbarukan," kata Gubernur yang dilantik pada 1 Oktober 2018 itu.

HD berharap kegiatan bersih-bersih Gunung Dempo dapat dilakukan secara berkelanjutan dan menimbulkan kesadaran yang lebih luas bagi masyarakat dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Sementara Wakil ketua panitia kegiatan, Robert H. Lembong menyampaikan apresiasi atas dukungan Gubernur Herman Deru atas kegiatan tersebut.

Ia mengungkapkan Kerabat Pecinta Alam yang berkantor pusat di Jakarta selalu bekerjasama dengan Dewan Harian Daerah (DHD)'45 dalam melaksanakan aktivitasnya.

"Keinginan untuk melakukan bersih-bersih Gunung Dempo telah ada sejak beberapa waktu lalu. Adapun tema yang kita angkat pada kegiatan bersih-bersih gunung Dempo mendatang adalah Go Green Zero Waste," ujarnya. [rhd]


Komentar Pembaca