Arab Saudi Siap Gelar "Festival Film Red Sea" Maret Mendatang

Kabar Tanah Suci  SELASA, 18 FEBRUARI 2020 | 18:15 WIB

Arab Saudi Siap Gelar

foto/net

 

MC Award 2

Moeslimchoice. Festival Film Laut Merah Arab Saudi akan menjadi salah satu bagian dari Festival Film Internasional, dan ini merupakan gelaran perdana bagi Arab Saudi , yang baru-baru ini mengijinkan dibukanya perbioskopan di Kerajaan Arab Saudi. 

Festival Film Laut Merah akan diadakan pada 12 hingga 21 Maret 2020 dan akan  menayangkan 107 film dan film pendek, termasuk jajaran 16 film kompetisi, 

7 film non-kompetisi, 11 film Saudi, dan 13 film pendek Saudi, 23 film untuk kategori terbaik tahun ini, dan 17 film eksperimental untuk kategori Tajreeb, yang didasarkan pada narasi lokal Saudi dan non-Saudi yang tinggal di Arab Saudi.

Festival akan diadakan di distrik Al-Balad, Jeddah, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Tujuh hari pertama akan digelar untuk acara festival ini, sementara dua hari terakhir akan menyaring para pemenang di Buhairat Al-Arbaeen, Al-Balad, sebuah situs yang telah dibangun khusus untuk festival dengan menyertakan 1.200 kursi Coral Theatre, empat teater yang lebih kecil, ruang lokakarya dan bioskop.

Kategori festival non-kompetisi akan menampilkan film-film seperti Malcolm X oleh Spike Lee, yang akan memberikan kelas master.

Festival ini juga akan merayakan karya para sutradara besar Arab, seperti Khairy Beshara, Youssef Chahine dan almarhum fotografer dan sinematografer, Safouh Naamani, yang merupakan salah satu pelopor fotografi warna di Arab Saudi.

"Kami bekerja keras untuk memastikan bahwa film yang disajikan akan memamerkan industri film Arab Saudi yang sedang berkembang, dan mendorong pertukaran budaya yang lebih terbuka. Ini bukan hanya tentang mengekspor cerita kami; kami membawa perspektif yang berbeda, percakapan baru juga ke Arab Saudi," kata Mahmoud Sabbagh, direktur festival.

Festival ini juga akan menampilkan pameran seni karya sutradara Federico Fellini, yang berjudul When Fellini Dreamed of Picasso yang terinspirasi oleh seniman Spanyol.

Penjualan tiket festival ini akan mulai dibuka pada 23 Februari 2020 dengan kisaran harga yang lebih rendah dari tiket bioskop.

"Kami ingin terlibat dengan sejumlah besar pemirsa dan membuatnya dapat diakses oleh semua kelas sosial," kata Sabbagh.

Malam pembukaan akan dibuat semegah mungkin, setara dengan ajang penghargaan Festival Film Cannes dan Festival Film Berlin. Juga akan menampilkan red carpet, gala dan dua pemutaran film dengan pemutaran perdana film Saudi berjudul  Shams Al-Maaref(The Book of Sun), karya sutradara Faris Godus. [mel/ArabNews]


Komentar Pembaca