Begini Cara Kemenparekraf Antisipasi Dampak Corona

Wisata  SELASA, 18 FEBRUARI 2020 | 06:55 WIB

Begini Cara Kemenparekraf Antisipasi Dampak Corona

MoslimChoice | Kementerian Pariwisata merencanakan sejumlah rencana aksi untuk menghadapi dampak wabah virus Corona Covid-19 terhadap industri jasa pariwisata nasional. Menparekraf Wishnutama Kusubandio menyampaikan bahwa antisipasi itu sudah menjadi bahasan dalam Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden Joko Widodo, Senin, 17/2/20.

Wishnutama menyebutkan, yang dibahas antara lain berbagai macam potensi untuk melakukan insentif, diskon penerbangan. “Nah, ini tadi sudah diarahkan oleh Bapak Presiden untuk saya, Menteri Perhubungan, dan Menteri Keuangan membahas skema-skema insentif yang dapat segera kita lakukan dan kita akan umumkan minggu ini secara detail,” ujarnya.

Dari berbagai macam usulan, menurut Wishnutama, sudah disampaikan dan akan coba dibahas di level menteri secara detail apa yang bisa dilakukan dalam kaitan insentif, diskon, dan lain sebagainya. Periode semester pertama 2020 ini, menurut Wishnutama, sangat krusia, karena Coronavirus ini terjadi di bulan Januari dan hebohnya itu di bulan Februari, sedangkan bulan Februari, Maret, dan April adalah masa booking period.

“Masa booking period untuk liburan musim panas atau summer holiday. Ini juga pasti akan berpengaruh pada liburan di musim panas, karena masa booking itu terjadi sekarang-sekarang ini,” tambahnya.

Dampak Corona Virus ini, sambung Menparekraf, bisa punya dampak ke masa liburan summer, katakanlah kalau Corona Virus ini selesai tidak serta merta langsung, tapi perlu recovery time agar pulih seperti sediakala.

“Pemerintah dalam hal ini akan berupaya dengan berbagai macam hal yang akan kita lakukan. Dan kami juga harus berkoordinasi lagi dengan Menteri keuangan dan Menteri perhubungan dan juga Menteri BUMN dalam hal insentif, diskon, dan lain sebagainya yang bisa kita lakukan dalam waktu secepat mungkin,” tandas Wishnu.


Komentar Pembaca