Pembentukan Kelompok Usaha Upaya Pengentasan Kemiskinan

Ekonomi Syariah  SELASA, 18 FEBRUARI 2020 | 00:30 WIB | Natasha

Pembentukan Kelompok Usaha Upaya Pengentasan Kemiskinan

Moeslimchoice | Upaya memaksimalkan pengentasan kemiskinan, dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dengan membentuk kelompok usaha bersama. 

Diharapkan, integrasi pendampingan, bantuan modal dan fasilitas usaha ini akan mampu melepaskan masyarakat dari jaring kemiskinan. 

Ketua BAZNAS Prof. Dr. H. Bambang Sudibyo, MBA, CA menyatakan sistem kelompok usaha memungkinkan para mustahik akan mendapat pendapatan tidak hanya dari satu sisi usaha saja. 

"Contohnya pada kelompok usaha Gartim Setia Rasa ini, akan mendapatkan tidak hanya dari berdagang sate-nya saja tapi juga dari usaha grosir kebutuhan para pedagang sate ini," kata Bambang saat peresmian kelompok usaha Gartim Setia Rasa di Cabangbungin Bekasi, Senin (17/2/2020). 

Di sisi lainnya, peternak binaan BAZNAS  bisa mendapatkan hasil dari penjualan daging kepada pengusaha sate. "Diharapkan upaya ini, akan mampu membawa mustahik melewati tiga garis batasan kemiskinan dan menjadi muzaki," ujarnya. 

Ketua LPEM Deden Kuswanda menyatakan kelompok usaha Gartim Setia Rasa ini bukan yang pertama di daerah Cabangbungin ini. 

"Saat ini baru ada 10 orang. Targetnya akan 50 orang. Total penerima manfaat ada sekitar 200 orang. Kita akan kembangkan terus program ini, dengan melakukan integrasi dengan program kerja BAZNAS yang lainnya 

Integrasi kelompok usaha dilakukan dengan menciptakan sistem suplai bahan baku dari jaringan BAZNAS juga. 

"Targetnya meningkatkan kemandirian ekonomi, peningkatan spiritual dan kemandirian kelembagaan. Kita juga sudah mempersiapkan koperasi dengan Kementerian Koperasi. Sehingga jika nanti dilepas dari BAZNAS, kemandirian kelembagaannya sudah siap," ujarnya. 

Ia menyebutkan masing-masing binaan akan menerima bantuan senilai Rp12 juta rupiah, yang berupa gerobak dorong atau gerobak motor sebagai sarana penjualan. 

"Dan modal awal untuk pembelian bumbu,  daging maupun segala peralatan yang dibutuhkan dalam proses pemasakan sate," pungkasnya. (amn)


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55

Dinas ESDM Ganti Dengan Dinas Koral Dan Pasir