Keluar dari Karantina Natuna, WNI Eks-Wuhan Mulai Tiba di Halim

Nasional  SABTU, 15 FEBRUARI 2020 | 16:48 WIB | Warni Arwindi

Keluar dari Karantina Natuna, WNI Eks-Wuhan Mulai Tiba di Halim

MoeslimChoice | Keluar dari karantina di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, rombongan pertama Warga Negara Indonesia yang sempat berada di Wuhan saat virus corona (CoVid-19) tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, rombongan  tiba di Terminal Haji atau Terminal Selatan Bandara sekitar pukul 15.40 WIB.

Terawan menyatakan, seluruh WNI dalam kondisi sehat dan berbahagia karena segera bertemu dengan keluarga. Mereka juga dibekali sertifikat sehat.

"Mereka semua dalam keadaan sehat, ya jadi juga bersama mereka satu pesawat. Lunas sudah, saya dulu jemput pertama di Natuna, sekarang hantar ke Halim. Dalam kondisi sehat, semua berbahagia, sangat mengharukan, karena bahagia mau ketemu keluarga, saudara di kampung dengan kondisi sangat sehat," kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (15/2/2020).

Selanjutnya, kata Terawan, jika dinas kesehatan daerah ingin terlibat, hanya sebagai surveilans trekking, memantau kondisi kesehatan lanjutan.  Jadi, Menkes juga meminta agar masyarakat tak khawatir berbaur dengan para WNI yang baru pulang dari Wuhan, China yang terserang virus korona (Covid-19).

Terawan mengungkapkan, 238 WNI itu diterbangkan dengan tiga pesawat. Dua rombongan dengan Boeing 737 dan satu lagi dengan Hercules.

Berdasarkan Surat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor SR.02.02/Menkes/89/2020 dinyatakan bahwa masa observasi berakhir pada Sabtu 15 Februari 2020 pukul 12.00 WIB, dengan ketentuan tidak ada satu pun di antara warga yang diobservasi dan tim pendukung mempunyai gejala dan tanda berkaitan dengan coronavirus disease.


Komentar Pembaca