Menteri Agama Resmikan Institut Agama Islam Nadhalatul Ulama Tuban

Daerah  SABTU, 15 FEBRUARI 2020 | 14:50 WIB

Menteri Agama Resmikan Institut Agama Islam Nadhalatul Ulama Tuban

Foto/net

Moeslimchoice. Menteri Agama RI, Fachrul Razi meresmikan Institut Agama Islam Nadhalatul Ulama (IAINU) Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (14/2). IAINU Tuban merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (STITMA) Tuban. 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama didampingi Bupati Tuban, Kakanwil Kemenag Jawa Timur dan Ketua IAINU Tuban, disaksikan civitas akedemika, PCNU Tuban dan Forkominda Tuban.

"Perubahan status harus dimaknai sebagai momentum perubahan dalam banyak hal. Tidak hanya perubahan kelembagaan melainkan visi besar menuju perguruan tinggi papan atas," kata Menag dalam sambutannya, Jumat (14/2).

Menurut Menag, perjuangan panjang telah berhasil dilalui oleh segenap civitas akademika STITMA Tuban bersama masyarakat dalam proses peralihan status. 

"Ini merupakan perjuangan yang panjang dan tidak gampang dan membutuhkan tekad yang kuat, visi yang hebat serta didukung dengan data akurat dan dilakukan oleh orang-orang yang berani dan bersemangat," kata Menag.

PTKI yang berada di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini, lanjut Menag, diharapkan dapat menjadi rujukan utama pemikiran Islam di Indonesia.

"Atas nama Menteri Agama, saya memberikan apresiasi dan rasa bangga dengan adanya peresmian alih status IAINU Tuban. Semoga keberadaan IAINU ini akan mendukung geliat keilmuan dan mendukung riset-riset parsipatoris bagi masyarakat, termasuk generasi milenial Indonesia," ujar Menag.

"Tak kalah pentingnya adalah warisan pemikiran Sunan Bonang yang mampu mengenalkan agama dan budaya di tengah masyarakat," tandasnya. [mt/kemenag]


Komentar Pembaca