Penemuan Zat Radioaktif di Perumahan Warga, Tifatul: Ada Oknum, Tidak Mungkin Bahan Itu Jalan Sendiri

Polhukam  SABTU, 15 FEBRUARI 2020 | 14:30 WIB | RMOL

Penemuan Zat Radioaktif di Perumahan Warga, Tifatul: Ada Oknum, Tidak Mungkin Bahan Itu Jalan Sendiri

Tifatul Sembiring/Net

MoeslimChoice | Anggota Komisi VII DPR, Tifatul Sembiring, menduga ada oknum yang membawa zat radioaktif ke area permukiman Kompleks Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan.

Sebelumnya, Jumat, 14/2/20, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menemukan lokasi yang terpapar radiasi nuklir itu berada di tanah kosong dekat lapangan voli Blok J di perumahan tersebut.

Tifatul meminta pemerintah mengusut tuntas masalah tersebut. Menurutnya, pengungkapan kasus siapa orang yang diduga membuang zat radioaktif yang berbahaya itu amat diperlukan.

“Ini tidak mungkin bahan radioaktif itu jalan sendiri. Aparat harus mencari siapa oknum yang membuang atau membawa zat radioaktif itu,” kata Tifatul, kepada media, Sabtu, 15/2/20 di Jakarta.

Tifatul menduga, bisa saja terjadi kelalaian atau malah unsur kesengajaan.

“Bisa jadi ini limbah radioaktif dan dibuang sembarangan. Mungkin juga bahan radioaktif itu dibuang sembarangan lalu bocor,” tuturnya.

Lokasi ditemukannya zat radioaktif ini berjarak sekitar 3 km dari Kompleks Perumahan Puspiptek Serpong. Lokasi yang terpapar itu langsung diberi garis pembatas oleh Bapeten supaya warga tidak mendekati wilayah tersebut. (wrn)


Komentar Pembaca