Buaya Pangkalan Banteng Kini di Pangkalan Bun

Daerah  JUMAT, 14 FEBRUARI 2020 | 08:55 WIB

Buaya Pangkalan Banteng Kini di Pangkalan Bun

MoeslimChoice | Sejumlah warga berhasil menangkap buaya di pedalaman Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah. Penangkapan buaya itu berlangsung pada Kamis, 13/2/20 di Sungai Serkel, Desa Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng.

 

Dari Pangkalan Banteng buaya itu dievakuasi ke Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalteng Wilayah II di Pangkalan Bun, ibu kota Kobar yang berjarak sekitar 70 km dari lokasi penangkapan buaya. Kapolsek Pangkalan Banteng, Iptu Bimasa Zebua,ketika dikonfirmasi via telpon membenarkan adanya penangkapan buaya di desa itu.

“Iya benar ada penemuan dan penangkapan buaya. Diserahkan ke BKSDA,” ujar Kapolsek.

Awalnya, pulang menyadap karet, warga bernama Taufik menemukan seekor buaya berjenis similong berwarna hitam dengan panjang sekitar lima meter di Sungai Serkel. Lantas Taufik mengabarkan temuan itu kepada warga sekitar.

Belasan warga beramai-ramai mendatangi lokasi dan berhasil menjinakkan buaya pada sekitar pukul 10.00 WIB dengan mengikat moncong serta menutup mata hewan liar itu. Selanjutnya, warga mengarak hewan tangkapan itu ke Kantor Desa Arga Mulya untuk menyerahkannya ke BKSDA Kobar.

Walhasil, petugas BKSDA mengerahkan satu truk untuk mengangkut buaya itu. "Serah terima dilakukan pada pukul 16.00 oleh Kades Arga Mulya Reno Krisdianto kepada Tim BKSDA," kata Kapolsek.

Buaya sungai dan muara (Crocodylus porosus) banyak bermunculan di wilayah Kalteng sejak akhir 2019 lalu. Jadi, warga setempat memang sudah waspada terhadap hewan liar yang tercatat bisa memangsa manusia ini.

 


Komentar Pembaca