Waspada Corona | Sabang Tangkal Kapal Wisata MS Artania

Wisata  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 | 20:55 WIB

Waspada Corona | Sabang Tangkal Kapal Wisata MS Artania

Kedatangan MS Artania di Sabang pada 2016.

MoeslimChoice | Kekhawatiran terhadap penyebaran virus corona (CoVid-19) berdampak nyata terhadap parisiwata. Kota Sabang, Pulau Wah, Aceh, misalnya, mulai menangkal kapal wisata asing yang hendak merapat di wilayahnya.

Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) telah memutuskan untuk menunda kunjungan kapal pesiar (cruise) MS Artania yang rencananya akan merapat di Pelabuhan Sabang pada 16 Februari 2020. Keputusan itu diambil dalam rapat koordinasi teknis kedatangan MS Artania di lantai dua kantor pusat BPKS di Sabang, Kamis pagi, 13/2/20.

“Rapat yang kita laksanakan hari ini merupakan kesepakatan kita bersama menindak lanjuti surat Wali Kota Sabang dan menerima saran dan pendapat dari berbagai elemen dan instansi yang ada di Sabang,” kata Plt Wakil Kepala BPKS Islamuddin didampingi Deputi Komersil BPKS Agussalim dan Kabag Humas BPKS Muhammad Rizal.

Keputusan juga diambil mengingat sampai saat ini WHO belum mencabut status waspada pada kasus virus cCorona, sementara kesiapan dan persiapan penanganan baik di sektor sarana dan prasarana peralatan medis dinilai belum memadai.

Namun, belum jelas bagaimana kapal-kapal wisata lain yang juga akan merapat di Sabang sepanjang 2020 ini. Deputi Komersil Agussalim mengakui bahwa selain jadwal kunjungan MS Artania pada Februari ini, terjadwal pula kunjungan sruises lainya pada Maret 2020 mendatang. Antara lain dalam event internasional Sabang Marine Festival 2020 berbarengan dengan rally yacht Sabang-Natuna.

“Untuk saat ini event tersebut sudah dipastikan, yang telah mendaftar sebanyak 20 yacht lebih. Bahkan diperkirakan lebih dari 30 yacht akan ikut serta dalam event tersebut. Kita harus menyikapi agenda itu dengan bijak mengingat kasus virus corona yang sampai saat ini masih berstatus waspada,” lanjut Agussalim.

Sebelumnya, Wali Kota Sabang Nazaruddin telah meminta Kepala BPKS menangkal kapal asing memasuki Sabang untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona ke wilayah tersebut. "...  Sampai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa situasinya cukup aman," ungkap Nazaruddin.

MS Artania, yang mengangkut 1.200 penumpang dan 502 anak buah kapal, berencana singgah di Sabang pada 16 Februari 2020.  Sabang adalah pelbuhan persinggahan tetap MS Artania pada tahun-tahun sebelumnya.

Para penumpang MS Artania sebagian besar berasal dari negara-negara Eropa seperti Jerman, Swiss, Belanda dan Norwegia. Kapal ini dijadwalkan berlayar dari Colombo. Srilanka tempat persinggahannya pada 12 Februari 2020.

Penangkalan terhadap kapal pesiar di beberapa negara terpicu oleh karantina kapal pesiar Diamond Princess dan 3.700 penumpangnya di Yokohama.  Kapal pesiar MS Westerdam dari Amerika Serikat misalnya.

MS Westerdam telah ditangkal berlabuh di pelabuhan-pelabuhan Jepang, Taiwan, Guam, Filipna, dan Thailand. Belakngan MS Westerdam berlabuh di dermaga SIhanoukville, Kamboja, Kamis, 13/2/20..


Komentar Pembaca
Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Doa Kesembuhan Dari Virus Corona

Rabu, 20 Mei 2020 | 21:05

Bubarkan Fpi

Bubarkan Fpi

Ahad, 03 Mei 2020 | 19:55