Aspri SBY Riuhkan Suasana Jelang Pilkada Pacitan

Daerah  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 | 12:55 WIB

Aspri SBY Riuhkan Suasana Jelang Pilkada Pacitan

Ossy Darmawan saat berada di kamar masa kecilnya Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

MoeslimChoice | Nama Ossy Darmawan, Asisten Pribadi (Aspri) Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mendadak mencuat, menambah riuh suasana penjaringan bakal calon jelang Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Ossy, yang kini menjadi Direktur Museum SBY di Kota 1001 Goa itu, disebut-sebut sebagai figur paling pantas untuk menjadi Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup), mendampingi kader internal DPC Partai Demokrat Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji alias Mas Aji, yang sudah mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup).

Indrata sendiri, sebagaimana diberitakan sebelumnya, dikenal masyarakat sebagai Ketua DPRD Pacitan, yang juga keponakan dari SBY.

Pacitan memang sangat akrab dengan figur SBY. Pasalnya, inilah tanah kelahiran dari Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

Maka, wajar pulalah bila partai berlambang Mercy itu pun kini mendominasi perpolitikan di sana, setelah memenangi Pemilu 2019 dengan menguasai 14 dari 45 kursi DPRD Pacitan, dan diincar banyak peminat jadi “kendaraan” menuju Pilkada Serentak 2020.

Dalam rentang 6-11 Februari 2020, saat DPC Partai Demokrat Pacitan membuka tahap pengambilan formulir pendaftaran Bakal Calon (Balon), ada 14 nama yang memanfaatkan momen tersebut, baik dari internal maupun eksternal partai.

“Ya, sejak dibuka tanggal 6 Februari hingga berakhir 11 Februari 2020, kami sudah menerima 10 orang untuk Bakal Calon Bupati dan 4 Bakal Calon Wakil Bupati Pacitan periode 2020-2025,” kata Kristanto Waluyo, Sekretaris Tim Penjaringan Bacabup dan Bacawabup DPC Partai Demokrat, kepada Kontributor MoeslimChoice di Pacitan, Suluh Apriyanto, Kamis (13/2/2020).

Hingga batas akhir pengambilan formulir pendaftaran di DPC Partai Demokrat itu, memang tidak ada nama Ossy Darmawan, baik untuk Bacabup maupun Bacawabup.

Namun, sejumlah kalangan di Pacitan kini ramai memperbincangan kerabat dekat SBY itu, yang setahun silam meninggalkan jabatan militernya untuk ikut berkiprah di Pemilu 2019.

Ossy, tentu saja, adalah kader Partai Demokrat. Sebagai asisten pribadi, ia nyaris selalu hadir di setiap acara yang melibatkan SBY atau almarhumah Ani Yudhoyono.

Kini ia digadang-gadang sebagai calon paling cocok untuk mendampingi keponakan SBY yang Ketua DPRD Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji alias Mas Aji, di pentas Pilkada 2020.

Di mata sebagian masyarakat Pacitan, nama Ossy Darmawan dikenal sigap, tanggap, cepat, dan tepat dalam mengambil langkah, sehingga dinilai bisa mengimbangi kegesitan Indrata. [yhr]


Komentar Pembaca