Ondel-ondel Jadi Alat Mengamen

DPRD DKI: Ini Masalah Kita Bersama

Sosial  RABU, 12 FEBRUARI 2020 | 15:00 WIB | Sunarya Sultan

DPRD DKI: Ini Masalah Kita Bersama

Foto/net

Moeslimchoice | DPRD DKI Jakarta menyoroti keberadaan kesenian khas Betawi, ondel-ondel, yang makin marak dijadikan alat mengamen. Untuk itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi, setuju jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melakukan pembinaan serius dan mengalokasikan anggaran agar performa kesenian ondel-ondel semakin baik.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu membayangkan ondel-ondel dapat ditampilkan di berbagai event yang dikelola Pemprov DKI. Terutama saat kedatangan tamu dari dalam dan luar negeri.

“Agar seniman-seniman Betawi, khususnya ondel-ondel, mendapatkan apresiasi atas rasa seni dan juga keberlangsungan hidup untuk menopang ekonomi keluarga, termasuk pelestarian budaya,” ucap Suhaimi dalam keterangan yang diterima, Rabu (12/2/2020).

Ketua Dewan Syariah Wilayah PKS DKI Jakarta ini juga mengatakan, jika ondel-ondel dilarang digunakan untuk mengamen, harus ada solusi bagi para seniman tersebut. Terlebih banyak juga seniman ondel-ondel yang berasal dari daerah penyangga ibukota ini.

“Pembinaan perlu dilakukan secara bersama-sama dan integrasi dari daerah sekitar ibukota. Sehingga Jakarta menjadi indah untuk dilihat dengan tampilan ondel-ondelnya yang tidak mengganggu keindahan dan ketertiban umum,” sambungnya.

“Masalah ini harus diurus bersama-sama, agar kesenian Betawi tetap terjaga dan lestari,” tandas Suhaimi. [nry]


Komentar Pembaca