Kadin: Virus Corona Ganggu Ekonomi Dunia

Ekonomi  RABU, 12 FEBRUARI 2020 | 12:30 WIB | Sugiharta Yunanto

Kadin: Virus Corona Ganggu Ekonomi Dunia

Forum Grup Diskusi (FGD) Fraksi Partai NasDem di DPR RI

MoeslimChoice | Wakil Ketua Umum Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Bidang Moneter/Fiskal/Kebijakan Publik, Raden Pardede, menyampaikan, insiden virus corona bisa mengganggu perekonomian dunia.

“Pertumbuhan ekonomi dunia berpotensi lebih rendah akibat insiden virus corona dan keadaan ketegangan geopolitik antara AS-Iran, serta perang dagang AS-Tiongkok,” kata Raden dalam Forum Grup Diskusi (FGD) bertema Merumuskan APBN Tanggap atas Ketidakpastian Global yang digelar Fraksi Partai NasDem di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (12/2/2020).

Raden juga menjelaskan, virus corona merupakan black swan (angsa hitam) bagi perekonomian global maupun Indonesia.

"Dampak dari virus corona ini akan menyebabkan aktivitas bisnis penerbangan, wisata, dan restoran menurun. Supply chain industri otomotif dan elektronik juga ikut terganggu, permintaan komoditas ekspor batubara, kelapa sawit dan minyak bumi menurun, yang berdampak juga kepada penurunan PDB 0,1-0,3%," tandasnya.

Dalam acara diskusi itu, Wakil Sekretaris Fraksi Partai Nasdem, H. Charles Melkiasyah, memberikan sambutan sekaligus membuka forum tersebut.

Anggota Komisi VII dan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2019 - 2024 ini mengatakan, di tengah ketidakpastian ekonomi global, Indonesia perlu untuk mengantisipasi keadaan tersebut.

"Indonesia perlu bekerja lebih keras di tengah kekacauan yang terjadi, bekerja biasa-biasa saja tidak cukup," katanya. [yhr]


Komentar Pembaca